17 Desa di Kecamatan Bantarbolang Siap Mewujudkan Desa Online

Media Informasi Warga

17 Desa di Kecamatan Bantarbolang Siap Mewujudkan Desa Online

25 Desember 2016 Berita 0

“TERWUJUDNYA PEMALANG HEBAT YANG BERDAULAT, BERJATIDIRI, MANDIRI DAN SEJAHTERA” adalah Visi bapak Bupati Pemalang H. Junaedi, SH. MM. Guna mewujudkan Visi tersebut, di jabarkan secara mendalam dalam Misi. Salah satu Misi bapak Bupati Pemalang, yaitu “Mewujudkan sarana dan prasarana dasar yang merata untuk memperkuat sentra-sentra produksi berbasis kewilayahan sesuai dengan karakteristik dan potensi daerah”.

Kecamatan Bantarbolang adalah satu dari 14 Kecamatan di Kabupaten Pemalang yang terus melakukan terobosan-terobosan guna mewujudkan Visi dan Misi Pembangunan Pemerintah Kabupaten Pemalang. Kemajuan teknologi informasi semakin pesat. Dengan kemajuan informasi semua dituntut untuk lebih cepat dan efisien. Hal itu pulalah yang digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang, untuk menuju Pemalang Hebat. Salah satu kemajuan teknologi yang sangat besar manfaatnya adalah Internet. Seperti diluncurkannya Desa Online, serta pemanfaatan teknologi untuk desa, melalui Puspindes yang khusus membidangi pemanfaatan tenologi untuk Desa.

Desa adalah pondasi utama sebuah kedaulatan, Pemalang Hebat akan Terwujud apabila Desa-Desa di wilayahnya maju, mandiri dan sejahtera. Teknologi Informasi sangat berperan penting dalam menunjang proses itu. Percepatan informasi, pelayanan prima akan terwujud dengan teknologi dan didukung oleh sumber daya manusia yang handal. Desa menjadi bagian penting didalamnya, dalam rangka mewujudkan cita-cita mulia tersebut, perlahan-lahan dan pasti desa-desa di wilayah Kabupaten Pemalang mulai bangkit, seiring sejalan mendukung program pembangunan khususnya dibidang teknologi informasi.

Kecamatan Bantarbolang terdiri dari 17 desa, wilayahnya tersebar luas dengan keadaan geografis dan potensi kewilayahan yang berbeda-beda, namun hal itu tidak menyurutkan niat mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Pemalang, khususnya dalam mewujudkan Desa yang berdaulat, mandiri dan sejahtera, salah satu terobosan yang sedang dilakukan adalah dengan mewujudkan desa online dan melek teknologi yang guna.

96245_tower_triangle_1Paguyuban Kepala Desa si Bolang, sebagai wadah komunikasi dan persatuan Kepala Desa, sangat mendukung program Desa melek teknologi, bahkan lebih jauh lagi. Salah satunya adalah semua Desa wajib online. guna menuju kearah tersebut sarana prasarana mulai dilengkapi, sumber daya manusia yang berkompeten mulai disiapkan, salah satunya dengan memberikan pelatihan semua perangkat dan lembaga desa mengikuti Teknologi Informasi dan Internet menjadi salah satu sarana penting yang sangat dibutuhkan, oleh karena itu sampai akhir Tahun ini seluruh Desa memasang Tower TreeAngle pemancar wifi, “awal tahun 2017 semua desa di wilayah Kecamatan Bantarbolang semua sudah terkoneksi dengan internet”,kata Duhari Daya ketua SIBOLANG.

Dengan desa online, semua akan bisa lebih cepat. Selain itu nantinya juga desa akan mampu mengambangkan usaha-usaha modern melalui Bumdes, yang tentunya akan meningkatkan perekonomian desa. Untuk mewujudkan desa online, baru-baru ini setiap desa di kecamatan Bantarbolang sedang memasang antena TriAngle sebagai penerima dan pemancar jaringan internet. Antena TriAngle di pilih karena faktor geografis, dimana desa-desa tertentu yang tidak memungkinkan terkoneksi internet kabel. Nantinya setelah 17 desa terkoneksi internet, secara otomatis desa-desa akan terkoneksi langsung dengan server di kabupaten. Hal ini jelas kegiatan informasi dan komunikasi akan lebih cepat dan efisien. Selain itu, kedepannya desa-desa bisa memanfaatkan Internet untuk meningkatkan perekonomian, melalui bumdes-bumdes dan usaha lainnya. Manfaat yang lebih luas lagi adalah masyarakat bisa  memanfaatkan langsung fasilitas tersebut untuk usaha dengan biaya yang murah dan terjangkau, sehingga kedepannya masyarakat di seluruh wilayah Kecamatan Bantarbolang menjadi masyarakat yang melek akan teknologi. Dijadwalkan pada awal tahun 2017 pemasangan antena TriAngle di seluruh desa akan selesai dan semua desa di Bantarbolang akan menjadi desa online yang tentunya bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain bahkan daerah kabupaten lain, yang tentunya akan membawa dampak positif bagi Kecamatan Bantarbolang pada khususnya dan Kabupaten Pemalang pada umumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *