Swadaya Masyarakat Kunci Sukses Pembangunan Desa

Media Informasi Warga

Swadaya Masyarakat Kunci Sukses Pembangunan Desa

22 November 2016 Berita 0

Keberadaan desa sejak dulu, sudah cukup teratur dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal tersebut tercermin dari gotong royong masyarakat, gotong royong sangat kental dalam kehidupan masyarakat desa, membuat masyarakat saling membantu satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan bersama dalam pembangunan desa. Namun munculnya globalisasi mempengaruhi perkembangan masyarakat desa, baik yang berdampak positif maupun yang berdampak negatif. Perkembangan teknologi yang semakin canggih dapat memudahkan melakukan kegiatan, hal itu secara nyata dapat disaksikan pada kehidupan di masyarakat perkotaan. Namun, hal tersebut tidak banyak ditemukan dalam kehidupan masyarakat pedesaan, keterbatasan prasarana masyarakat pedesaan belum mampu mengapresiasi kegunaan teknologi yang ada. Untuk itu perlu adanya pengenalan penggunaan teknologi sebagai sarana dalam melakukan pengembangan masyarakat serta pembangunan potensi desa agar lebih maju dari sebelumnya.

Sudah saatnya pembangunan di berbagai bidang menitikberatkan pada pemberdayaan masyarakat. Untuk itu pemberdayaan masyarakat pada hakekatnya merupakan suatu upaya meningkatkan kemampuan dan kemandirian dengan masyarakat sebagai objek dan subjek pembangunan. Dengan dilibatkannya masyarakat dalam pembangunan diberbagai sektor, diharapkan akan kembali memberikan manfaat kepada masyarakat, dimana masyarakat berkesempatan memberikan pengawasan terhadap pembangunan yang sedang berlangsung. Disamping itu motivasi untuk menjaga dan memelihara hasil-hasil pembangunan juga akan semakin tinggi dimana pembangunan tidak hanya bersifat pembangunan fisik saja, namun juga dapat bersifat pembangunan partisipasi publik juga sangat diperlukan.

Swadaya masyarakat adalah kemampuan dari masyarakat itu sendiri dalam mengelola sumber daya alam yang ada di desanya (Widiyahseno dan Said, 2007). Dengan mengembangkan potensi swadaya masyarakat, maka akan mengurangi masalah-masalah yang ada. Kemampuan atau potensi yang dimiliki masyarakat dapat memperkuat, mengembangkan, dan mengelola segala sumber daya alam yang ada. Bentuk swadaya masyarakat dalam pembangunan desa dituangkan dan dikembangkan melalui kegiatan pembangunan infrastruktur desa, mulai dari melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan pemeliharaannya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *