8 Prioritas Hasil Musrenbangcam Siap Dikompetisikan Di Forum Musrenbangcab Pemalang 2017

Musrenbang adalah hasil assesmen paling penting terhadap usulan program yang prioritas dari masyarakat karena apa yang dihasilkan merupakan kebutuhan masyarakat yang sebenarnya. Dijelaskan, mengacu pada aturan hukum yang berlaku, dalam hal ini UU No 25 Tahun 2004 tentang Strategi Perencanaan Pembangunan Nasional, maka partisipasi masyarakat harus menjadi prioritas utama dalam merencanakan pembangunan sebagai bentuk dari proses demokrasi.

Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (MUSRENBANGCAM) sebagai  forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan Desa/Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten di wilayah Kecamatan. Musyawarah ini juga  menjadi dasar penyusunan rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah.

Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang telah melaksanakan kegiatan Musrenbangcam selama dua hari, yaitu Senin-Selasa (20-21/02/2017). Dalam musrenbangcam Bantarbolang, semua perwakilan hadir, mulai dari perwakilan Kepala Desa, perwakilan perempuan, BPD, LPMD, Pemuda dan tokoh masyarakat. Melalui diskusi, presentasi dan penilaian yang obyektif, Musrenbangcam Bantarbolang telah menghasilkan 8 ranking usulan prioritas usulan fisik dan 4 usulan non fisik, yang akan di bawa ke forum Musrenbangcab Pemalang 2017. Dibacakan oleh Kasi PMD. 8 ranking  Hasil forum musrenbangcam Bantarbolang tersebut adalah :

8 Ranking usulan fisik  :

  1. Aspal jalan desa Peguyangan – Lenggerong
  2. Jembatan desa Lenggerong
  3. Pembangunan bendungan desa Kuta
  4. Pembangunan jalan tembus Sambeng – Pegiringan
  5. Pembangunan jalan tembus Pegiringan – Sambeng
  6. Pembangunan pengaman jembatan desa Pabuaran
  7. Pengecoran jalan Pedagung – Bodas
  8. Pembangunan bronjong desa Purana

4 Ranking Usulan Non Fisik :

  1. Pelatihan bio gas desa Pedagung
  2. Pelatihan ternak unggas desa Banjarsari
  3. Pelatihan bengkel motor desa Bantarbolang
  4. Pelatihan usaha pertanian desa Pabuaran

Dalam forum musrenbangcam tersebut, juga disepakati delegasi Kecamatan yaitu : Kepala desa Purana mewakili unsur keterwakilan Perempuan, dan Kepala desa Kuta, Pegiringan, Pedagung, Peguyangan, Sambeng dan Lenggerong mewakili forum Kepala Desa. Delegasi tersebut akan membawa hasil Musrenbangcam untuk diperjuangkan di forum Musrenbangcab Pemalang 2017. Semoga 8 usulan fisik dan 4 usulan non fisik tersebut, dapat berhasil diperjuangakan di forum Musrenbangkab. (AdminDesa).

 

Author: AdminDesa
Pegiringan adalah desa di kecamatan Bantarbolang, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Pegiringan salah satu desa di kecamatan Bantarbolang yang mempunyai bahasa yang khas di banding daerah lain di Pemalang, yaitu pengucapan vokal akhir (a) dibaca dengan (e) seperti pada kata belah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *