9.570 Kilogram Rastra Siap Disalurkan kepada RTPM di Desa Pegiringan

Media Informasi Warga

9.570 Kilogram Rastra Siap Disalurkan kepada RTPM di Desa Pegiringan

31 Januari 2018 Berita 0

Sebanyak 9.570 kilogram pagu alokasi beras untuk keluarga sejahtera (rastra) desa Pegiringan siap disalurkan kepada 957 rumah tangga kurang mampu atau Rumah Tangga Penerima Manfaat (RTPM) di Desa Pegiringan.

Kasi Kesra Desa Pegiringan, Sahiri mengatakan, beras raskin alokasi bulan Januari 2018 siap disalurkan dengan jumlah 9.570 kilogram rastra kepada 957 RTM. Untuk pengelolaan rastra di Pegiringan, telah dibentuk Satgas rastra sebagai pengelola dalam penyalurannnya.

Selasa malam, 30 Januari 2018 bertempat di pendopo balaidesa, Pemerintah desa melakukan rapat sosialisasi dan koordinasi bersama seluruh ketua RT se Pegiringan. Menurut Kepala desa Pegiringan, Duhari Daya rapat koordinasi tersebut sebagai persiapan penyaluran rastra agar benar-benar berjalan baik, semua harus diperjelas agar warga memahami teknis penyaluran, sehingga tidak ada lagi mis komunikasi antar warga.

Dari jumlah 957 RTM tersebut, memang merupakan warga yang benar-benar kurang mampu yang pantas mendapatkan bantuan pemerintah beras rasta, sehingga keberadaan beras rasta ini sangat manfaat untuk hidup orang banyak, warga yang mendapatkan rastra tersebut tersebar di 49 RT pada 5 RW.

Satgas rastra desa Pegiringan, Ma’muri menuturkan, teknis dalam penyaluran raskin tersebut pihak desa langsung memberikan ke lapangan terhadap para Ketua RT yang ada di Desa, yang nantinya para Ketua RT tersebutlah yang langsung memberikan terhadap RTM. “Kami laksanakan dengan cara jemput bola untuk menagih uang raskin tersebut. Dengan begitu diharapkan para RTM melalui para RT diwilayahnya masing-masing membayar rasta tepat waktunya. Selain itu, kami pun sangat mendukung dengan adanya program pemerintah rastra ini, semoga rastra ini tetap ada karena sangat besar manfaatnya” jelasnya.  “Jika adanya temuan rasta yang kualitas serta kuantitasnya jelek, kami imbau segera untuk melapor ke pengelola di desa. Kami akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” pungkasnya. (AdminDesa)