Bersiap Menuju Desa Smart Village

Media Informasi Warga

Bersiap Menuju Desa Smart Village

25 Juli 2018 Berita 0

Jaman digital saat ini, kebutuhan akan internet seakan menjadi kebutuhan “wajib” diatas kebutuhan lainnya. Duhari Daya, adalah salah satu kepala desa Pegiringan  yang sadar akan kepentingan dunia digital terlebih internet untuk menopang kemajuan desa. Hidup di desa bukan menjadi halangan untuk mengenal dan mendalami internet. Duhari Daya terpilih menjadi kepala desa pada 2012.  Salah satu program unggulannya adalah terpenuhinya akses masyarakat akan internet dan informasi digital.

Mimpi Duhari Daya yang ingin Pegiringan menjadi desa mandiri dengan Smart Village, perlahan mulai nampak. Tahun 2017 Desa Pegiringan menjadi juara 2 lomba website desa tingkat Kabupaten. Tahun 2018 juga kembali menjadi juara 1 dalam gelaran lomba website desa Kab. Pemalang. Selain penghargaan tingkat Kabupaten, di tahun 2018 website desa Pegiringan memperoleh penghargaan tingkat nasional menjadi pemenang ID WEBSITE AWARD Pandi pada kategori website desa terbaik. Saat ini bahkan website desa Pegiringan tengah mengikuti gelaran Indonesia Website Award (IWA2018). Selain berbagai penghargaan yang telah mengangkat nama desa Pegiringan tersebut, tahun 2018 ini juga desa Pegiringan terpilih menjadi salah satu Desa Pilot Projeck dalam pemanfaatan sistem informasi desa (SID) Provinsi Jawa Tengah.

Berbagai upaya terus dilakukan, pemanfaatan SID, website desa sebagai media informasi dan layanan online terintegrasi terus dioptimalkan.  Website Desa upaya menjawab kebutuhan informasi dan pelayanan warga. Perkembangan pelayanan dasar warga kini telah bergeser dari sistem manual ke sistem digital dengan memanfaatkan SID dan teknologi informasi. Pemanfaatan website desa dan media online lainnya menjadi bagian penting pelayanan di desa Pegiringan. Untuk mendapatkan pelayanan surat, warga masyarakat cukup mengakses website atau mengirimkan data diri melalui layanan e-takon WhatsApp atau website desa,  maka surat layanan warga bisa langsung dibuat dan diambil di petugas layanan desa.

Duhari Daya menyampaikan bahwa dirinya mempunyai mimpi besar agar Pegiringan menjadi Desa pintar dan melek teknologi, siap dengan Pegiringan Smart Village “Harapan kami masyarakat akan semakin melek informasi, teknologi, dan semakin cerdas. Tapi di sisi lain, juga harus berwawasan lingkungan untuk menuju desa mandiri,” ungkap beliau. Duhari Daya menjelaskan lebih lanjut “Realisasi dari program yang di canangkan sejak 2013 hingga kini adalah pemasangan wifi hotspot untuk akses internet gratis. “kedepannya semua dusun akan tersambung pelayanan secara online untuk melayani warga,” jelasnya. Semua butuh proses serta persiapan yang matang. Selain daya dukung fasilitas kesiapan SDM sangatlah penting guna terwujudnya pegiringan smart Village. *(admin)