Bimbingan Teknis Pengelolaan Informasi Publik Aparatur Pemerintahan Desa

Media Informasi Warga

Bimbingan Teknis Pengelolaan Informasi Publik Aparatur Pemerintahan Desa

22 Maret 2018 Berita 0

Diundangkannya Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (UU Desa) memberikan harapan baru untuk pembangunan di tingkat Desa. Desa memberikan ruang bagi desa untuk menjadi pengerak pembangunan dengan mengedepankan adanya prinsip subsidiaritas dan rekognisi atas keberadaan desa sebagai entitas kultural sekaligus pemerintahan. Akses masyarakat desa terhadap informasi menjadi salah satu tantangan lain. Dalam konteks pembangunan berkelanjutan ditingkat desa agar dapat berjalan maksimal maka akses masyarakat terhadap informasi desa memang harus diberikan secara luas, tanpa mengurangi entitas informasi yang dikecualikan atau tertutup.

Untuk memberikan data dan informasi dalam rangka pembangunan berkelanjutan di tingkat desa, maka undang-undang desa mengamanatkan untuk dikembangkan sistem informasi desa, sebagaimana diamanatkan dalam pasal 86 UU Desa. Namun sejak diundangkannya UU Desa, masih banyak kita menemukan kekurangsiapan pemerintah desa dalam melaksanakan kewajibannya terutama dalam menjalankan pemerintahan desa berkaitan dengan tata kelola keterbukaan informasi maupun dalam membangun sistem informasi desa sebagaimana diamanatkan Undang undang Desa.

Menjawab persoalan tersebut, Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi Pemerintah Kabupaten Pemalang melakukan bimbingan teknis Aparatur Pemerintahan Desa dengan Tema “Menuju Pemerintahan Desa Profesional dan Terbuka” Kamis (22/03/2018) bertempat di ruang rapat Setda Pemalang. Peserta bintek terdiri dari 30 orang dari perwakilan 15 desa dengan narasumber dari Komisioner Komisi Informasi dan Staff IT Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah.

Bintek dibuka oleh Sekda Pemalang yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kab. Pemalang, H. Ainur Rofiq. Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Sekda, Budi Raharja mengapresiasi kegiatan bintek dan berharap peserta betul-betul mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya. Sementara itu perwakilan dari Komisi Informasi Jawa Tengah, Nur Fuad, S.Ag. menyampaikan bahwa desa hari ini tidak bisa lagi berdiri sendiri. Desa sudah menjadi bagian dari masyarakat global. Untuk itu sekarang desa dituntut harus transparans dan akuntabel dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, sesuai kaidah dan aturan komisi informasi.

Desa Pegiringan adalah salah satu desa yang diundang untuk mengikuti kegiatan tersebut. Perwakilan desa Pegiringan yang mengikuti kegiatan terebut adalah Kasi pelayanan, Slamet Riyadi dan admin website desa. Dengan mengikuti kegiatan tersebut, diharapkan desa akan mampu mengembangkan dan menerapkan sistem informasi desa, sehingga desa mampu :

  1. Memberikan pemahaman secara teori maupun teknis berkaitan dengan tata kelolainformasi publik, mengelola permohonan dan keberatan informasi, danmenyelesaikan sengketa informasi;
  2. Memberikan pemahaman secara teori maupun teknis penyusunan daftar informasi dan dokumentasi publik desa sebagai data terbuka;
  3. Mengembangkan dan menerapkan sistem informasi desa sesuai kaidah undangundang keterbukaan informasi publik;

Bintek dilaksanakan selama 1 hari dimulai jam 08.00 sampai dengan jam 15:00 WIB. Bertempat diruang rapat Sekretariat Daerah kabupaten Pemalang. (AdminDesa)