BUMDES “SEMESTA UTAMA” DAN DESA PINTER SEGERA TERWUJUD DI PEGIRINGAN

Media Informasi Warga

BUMDES “SEMESTA UTAMA” DAN DESA PINTER SEGERA TERWUJUD DI PEGIRINGAN

5 Desember 2016 Berita 0

BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) adalah Lembaga Usaha Desa yang dikelolah oleh Masyarakat dan Pemerintah Desa dalam upaya memperkuat perekonomi desa dan di bentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. Permendesa Nomor 4 tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa, yang menjadi pedoman bagi daerah dan desa dalam pembentukan dan pengelolaan BUMDes.
BUMDes merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa serta merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa sehingga terwujud pembangunan yang memenuhi tiga pilar yang akan membuat desa menjadi mandiri. Tiga pilar tersebut yakni Jaring Komunitas Wiradesa (Jamudesa), Lumbung Ekonomi Desa (Bumidesa) dan Lingkar Budaya Desa.

whatsapp-image-2016-12-05-at-15-32-29whatsapp-image-2016-12-05-at-15-32-27

Desa PINTER (Desa Punya Internet) Internet tidak bisa lepas dari teknologi tinggi dan kemajuan. Internet masa kini telah menjadi kebutuhan bagi sebagian masyarakat Indonesia baik di kota maupun di desa. Keberadaannya seperti sudah menjadi makanan harian bagi sebagian penduduk dan setiap harinya. Pegiringan dengan segala potensinya, berusaha mewujudkan program-progran terobosan sesuai Visi dan Misi Kepala Desa, seiring dengan perkembangan jaman, selain program fisik juga program peningkatan sumber daya manusia dan ekonomi.
Guna mewujudkan Desa PINTER Pemerintah Desa bekerja sama dengan PUSPINDES telah memasang antena pemancar internet, agar akses internet di wilayah Desa Pegiringan terpenuhi. Rencana kedepannya semua pelayanan berbasis online akan terwujud di Pegiringan. Selain itu, Internet juga akan menjadi salah satu layanan usaha Desa yang akan dikelola oleh BUMDes menjadi usaha bersama. Menurut Kepala Desa Pegiringan, layanan internet Desa bisa digunakan oleh lembaga dan masyarakat tanpa terkecuali, bisa digunaakan untuk kegiatan usaha yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan percepatan informasi serta trasparansi penyelengaraan pemerintahan Desa.
Seiring dengan akan dibentuknya BUMDes dan Desa PINTER, tentunya menjadi tantangan Pemerintah Desa Pegiringan untuk terus kreatif dan berdaya saing khususnya dalam menyiapkan sumber daya manusia yang handal dan berteknologi. Untuk itu kedepan bersama dengan PUSPINDES dan lembaga lainnya, serta pemberdayaan sumber daya manusia yang berkompeten yang ada dipegiringan, Pemerintah Desa akan mengadakan pelatihan-pelatihan bagi perangkat dan lembaga-lembaga desa, agar BUMDes benar-benar dapat dikelola dengan baik, sehingga Pegiringan semakin maju dan sejahtera. Pemerintah Desa mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk saling bersinergi dalam mewujudkan Pegiringan yang mandiri. Semoga Pegiringan Desaku semakin maju, Salam membangun. (Sakhowi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *