Bursa Inovasi Desa Kabupaten Pemalang Tahun 2018

Bursa Inovasi Desa Kabupaten Pemalang Tahun 2018

23 November 2018 Berita 0

Selasa, 27 Nopember 2018  Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa menggelar kegiatan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Pemalang tahun 2018 di gedung serba guna Kabupaten Pemalang . Forum BID Pemalang tahun 2018 diikuti oleh seluruh perwakilan dari 211 desa. Dalam forum tersebut, para pengunjung yang datang dari perwakilan pemerintah desa (pemdes) melakukan proses belajar, berdiskusi, dan membuat komitmen untuk mereplikasi inovasi yang sesuai dengan daerah asalnya.

Bursa Inovasi Desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di Desa-Desa di lingkup Kabupaten. Bursa Inovasi ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Model Pengelolaan Inovasi di Tingkat Kabupaten. Maksud pelaksanaan Bursa Inovasi Desa yaitu untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan dan inovatif.

Kegiatan-kegiatan yang akan dipamerkan dalam Bursa Inovasi Desa yakni kegiatan-kegiatan yang bernilai inovatif dalam pembangunan desa yang bukan dalam bentuk barang tetapi dalam bentuk ide-ide kreatif yang lahir dan berkembang di desa-desa.

Kepala dinas pemberdayaan masyarakat desa, Tutuko Raharjo dalam laporan kegiatannya menyampaikan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Pemalang dimaksudkan  untuk meningkatkan kualitas penggunaan dana desa yang lebih inovatif sehingga mampu meningkatkan kemandirian desa.

Selain itu tujuan lain dari dari Bursa Inovasi Desa adalah Mendiseminasikan informasi pokok terkait Program Inovasi Desa (PID) serta memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa dalam menyelesaikan masalah dan menjalankan kegiatan pembangunan.

Sementara itu Bupati Pemalang, Junaedi,SH.MM. dalam arahannya menyampaikan bahwa inovasi desa diharapkan mampu dikembangkan dan dilaksanakan secara berkesinambungan.¬†“Melalui bursa inovasi desa ini, kami juga memacu pemerintah desa untuk mampu terus berkembang dan mengembangkan setiap potensi yang ada untuk kesejahteraan masyarakatnya, sehingga desa mampu mandiri,” ujar Bupati Pemalang.¬†*(admin)

Komentar

Komentar

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Read previous post:
Musyawarah Desa Penetapan Anggota BPD Desa Pegiringan Tahun 2018-2024

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam sistem pemerintahan desa sekarang ini menempati posisi yang sangat penting. Tapi sebenarnya, apa saja tugas...

Pendamping PKH Lakukan Validasi Dan Verifikasi KPM di Pendopo Balaidesa Pegiringan

Pemutakhiran data adalah proses pembaharuan data anggota keluarga peserta PKH yang meliputi nama pengurus keluarga, anggota keluarga, alamat, struktur keluarga,...

Apakah Anggota Badan Permusyawaran Desa (BPD) Boleh Mengerjakan Proyek di Desa

Turunnya dana desa tahun 2018 mulai Januari memicu banyak perdebatan mengenai proses operasional menjalankan dana. Salahsatu pertanyaannya adalah apakah anggota...

Close