Capaian Pembangunan Desa Pegiringan Selama 1 Tahun 2017

Media Informasi Warga

Capaian Pembangunan Desa Pegiringan Selama 1 Tahun 2017

26 Desember 2017 Berita 0

Dalam tiga tahun pemerintah telah mengalokasikan Rp 120 triliun untuk dana desa. Rp 20,76 triliun pada tahun 2015, Rp 46,9 triliun pada 2016, dan Rp 60 triliun pada 2017. Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat. Dana Desa yang bersumber dari APBN merupakan wujud pengakuan Negara terhadap kesatuan masyarakat hukum yang berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat berdasarkan prakarsa, hak asal usul/hak tradisional.

Desa Pegiringan Kecamatan Bantarbolang telah memasuki tahun ketiga menerima program dana desa sejak program dana desa diluncurkan. Berbagai pembangunan telah dilakukan oleh pemerintah desa Pegiringan. Untuk tahun 2017 Pemerintah desa Pegiringan, menerima total dana desa sebesar 1.009.139.000 rupiah. Sesuai rencana program pembangunan desa Pegiringan yang tertuang dalam rencana pembangunan desa. Dana desa digunakan untuk kegiatan pembangunan infrastruktur desa, pemberdayaan dan pelatihan serta pengembangan swadaya masyarakat.

Pembiayaan pembangunan desa selama 1 tahun 2017 selain dibiayai oleh dana desa, pembangunan desa Pegiringan juga dibiayai oleh APBD Kabupaten Pemalang dan bantuan lainnya. Capaian pembangunan desa Pegiringan selama 1 tahun telah dinikmati oleh masyarakat. Capaian hasil pembangunan 1 tahun desa Pegiringan yang dinikmati manfaatnya bagi masyarakat adalah 1.096 M jalan desa teraspal, 1.682 M gang desa telah dirabat beton, 576 M talud dan senderan, rehab balai desa mencapai 50% dari seluruh total gedung, 300 bidang tanah telah disertifikat dan 20 rumah mendapat program bedah rumah RTLH. Sebaran pembangunan ditahun 2017 tersebar di 5 RW di desa Pegiringan.

Selain pembangunan fisik dan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia juga telah dilakukan, yaitu dengan pemberdayaan dan pelatihan, seperti pelatihan kader Posyandu desa, pelatihan IT aparatur desa, pelatihan kader pemberdayaan masyarkat desa (KPMD) serta pendirian badan usaha desa (BUMDES). Sedangkan untuk pengembangan swadaya masyarakatnya adalah terwujudnya jalan lingkar makam, gang baru di RW. 04 dan perbaikan rabat di RT. 01 RW. 01.

Prestasi desa selama 1 tahun 2017, hal ini dibuktikan dengan penghargaan yang diperoleh desa pegiringan, antara lain juara 3 lomba PKK tingkat Kabupaten Pemalang, Juara 2 lomba K3 HUT RI ke-72 tingkat kecamatan Bantarbolang, Juara 2 yel-yel ODF tingkat kabupaten dan juara 1 lomba website desa tingkat kabupaten Pemalang. Demikianlah capaian pembangunan desa Pegiringan selama 1 tahun 2017. Dikatakan oleh Kepala desa Pegiringan, Duhari Daya “capaian ini adalah hasil kerjasama pemerintah desa bersama masyarakat Pegiringan, memasuki tahun 2018 pemerintah desa akan terus berbenah, agar masyarakat desa Pegiringan lebih kompak dan perduli dalam memajukan desa. Maju bareng mbangun bareng desa Pegiringan. (admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *