Deklarasi Anti Hoax Pemerintah Desa Pegiringan Bersama Bhabinkamtibmas Polsek Bantarbolang

Media Informasi Warga

Deklarasi Anti Hoax Pemerintah Desa Pegiringan Bersama Bhabinkamtibmas Polsek Bantarbolang

19 Maret 2018 Berita 0

Di tengah maraknya peredaran berita palsu, hoax maupun klaim palsu di media sosial dan internet sekarang ini, Harus ada gerakan bersama di masyarakat untuk melawan hoax melalui literasi media. Salah satu gerakan yang strategis adalah dengan gerakan oleh pemerintah, Polri, masyarakat serta pegiat media sosial. Gerakan bersama untuk merespons tantangan terkait kepercayaan dan kebenaran di era digital serta memberikan edukasi kepada masyarakat, karena persebaran berita palsu atau hoax saat ini semakin mengkhawatirkan. Peredarannya di dunia maya yang sulit dikendalikan, dikhawatirkan dapat menjerumuskan para pengguna internet ke dalam fitnah serta provokasi tak berdasar.

Senin, (19/03/2018) anggota Bhabinkamtibmas Polsek Bantarbolang bersama jajarann pemerintah desa Pegiringan menggelar deklarasi anti hoax bersama dipendopo balai desa Pegiringan. Kepala desa Pegiringan, Duhari Daya menyampaikan, isi deklarasi anti hoax diantaranya, menolak adanya berita hoax yang berisikan provokasi dan ujaran kebencian yang bisa menimbulkan perpecahan persatuan dan kesatuan bermasyarakat dan bernegara. Selain itu pemerintah desa Pegiringan dan masyaraat mendukung langkah Polri dalam melakukan pencegahan, kalau perlu pengungkapan dan penangkapan pelaku penyebaran berita hoax serta mengajak kepada seluruh elemen masyarakat desa Pegiringan untuk tidak terpengaruh dengan berita hoax dan tidak ikut menyebarkan kepada pihak lain serta tetap berkarya dalam membangun desa dengan bingkai Bhineka Tunggal Ika. “Orang bijak tidak percaya hoax, ” tegasnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Polsek Bantarbolang bersama pemerintah desa Pegiringan untuk menyikapi maraknya berita hoax atau berita palsu melalui media sosial yang bertujuan memprovokasi dan memecah belah persatuan dan kesatuan. Diharapkan dengan dilaksanakan kegiatan tersebut dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dan menyebarkan berita hoax. (AdminDesa)