Deklarasi Desa/Kelurahan ODF (Open Defecation Free) di Lapangan Desa Pegiringan

Media Informasi Warga

Deklarasi Desa/Kelurahan ODF (Open Defecation Free) di Lapangan Desa Pegiringan

16 Oktober 2017 Berita 0

Deklarasi Desa/Kelurahan ODF (Open Defecation Free), Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia ke 10 dan Kampanye Menuju Kampung Sehat Kabupaten Pemalang Tahun 2017 dilaksanakan di lapangan Sidadadi desa Pegiringan Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang, Senin (16/10/2017).

Deklarasi dihadiri oleh Bupati Pemalang H.Junaedi SH.MM Forkopimda Kabupaten Pemalang, perwakilan dari Kementrian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Prop.Jateng, Muspika se Kabupaten Pemalang, Kepala Desa dan Lurah se Kabupaten Pemalang serta tim penggerak PKK se Kabupaten Pemalang.

Deklarasi Desa/Kelurahan ODF (Open Defecation Free), Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia ke 10 dan Kampanye Menuju Kampung Sehat Kabupaten Pemalang Tahun 2017) dibuka oleh Bupati Pemalang ditandai dengan pelepasan balon. Dalam kesempatan tersebut juga dilaksnakan lomba yel-yel ODF oleh TP. PKK Kabupaten dann penanaman pohon serta pameran stand sanitasi dan stand usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS) dari Kecamatan Bantarbolang. Untuk kegiatan peringatan HCTPS sedunia ke-10, diawali dengan pembacaan filosofi HCTPS sedunia dan demontrasi cuci tangan pakai sabun (CTPS) oleh Fatwa (Juara I Kabupaten duta lingkungan sehat STBM kategori anak sekolah) dari SDN 01 Kabunan Taman.

Dalam sambutannya, Bupati Pemalang H. Junaedi, SH. MM.  mengatakan bahwa Kabupaten Pemalang telah mencanangkan ODF sejak tahun 2011 dan di dukung oleh semua stekholder dan seluruh elemen masyarakat dan dinas terkait. Bupati Pemalang juga menegaskan Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui dinas kesehatan untuk melakukan kegiatan sanitasi dengan menyediakan infrastruktur dibidang kesehatan sehingga ODF di Kabupaten Pemalang berjalan dengan baik.  Pada akhir sambutannya, Bupati Pemalang menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan deklarasi ODF, terima kasih juga untuk anak-anak yang sudah melaksanakan praktek cuci tangan pakai sabun dan kita perlu berbangga karena anak didik kita Fatwa (Juara I Kabupaten duta lingkungan sehat STBM kategori anak sekolah) dari SDN 01 Kabunan Taman. Bupati Pemalang mengahiri sambutan dengan berpesan tetap tunjukan semangat kerja kerja dan kerja untuk menuju Pemalang hebat.

Sementara itu Widya Utami, SKM. MM yang mewakili dari Dirjen Kementerian Kesehatan RI membacakan sambutan Dirjen kementerian kesehatan RI, Kementrian Kesehatan RI mengapresiasi kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Pemalang yang sudah meninggalkan kebiasaan buang air besar sembarangan dan hari ini ada 24 desa yang siap mendeklarasikan ODF. Terima kasih  kepada Bupati dan jajaran OPD yang sudah mendukung jalannya Deklarasi Desa/Kelurahan ODF dan Peringatan HCTPS di wilayah Kabupaten Pemalang sehingga dapat terlaksana dengan baik. Dengan adanya komitmen untuk Deklarasi Desa/Kelurahan ODF oleh 24 Desa harapannya masyarakat bisa melaksanakan sehingga terbebas dari penyakit dan membiasakan pola hidup sehat.

Pembacaan Deklarasi Desa/Kelurahan ODF (Open Defecation Free) dilakukan oleh 24 Kepala Desa/Kelurahan, dipimpin oleh Duhari Daya Kepala Desa Pegiringan. Deklarasi Desa/Kelurahan ODF, Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia ke 10 dan Kampanye Menuju Kampung Sehat diakhiri dengan penampilan juara yel-yel ODF dari Desa Watukumpul dan penyerahan hadiah bagi para juara. (AdminDesa)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *