Donor Darah Rutin Pemerintah Desa Pegiringan

Senin, 2 April 2018 kegiatan donor darah rutin kembali dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Pemalang di kantor balaidesa Pegiringan. kegiatan donor darah rutin kali ini nampak sedikit berbeda, dimana pendonor sedikit ramai jika dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Terlihat mengikuti kegiatan donor darah ini perangkat desa dan masyarakat desa Pegiringan antusias mengikuti donor darah rutin yang diselenggarakan PMI Pemalang. Kegiatan donor darah di Desa Pegiringan memang telah menjadi agenda rutin yang dilakukan setiap 4 bulan sekali.

Seperti biasa sebelum kegiatan donor darah dimulai, petugas dari PMI Kabupaten Pemalang menjelaskan kepada para pendonor, tentang hal-hal yang harus di ketahui sebelum mendonorkan darahnya dan berbagai manfaat donor darah. Petugas PMI menjelaskan bahwa hal yang perlu diperhatikan saat mendonor adalah kondisi kesehatan yang baik, berat badan memadai minimal 45 kg dan usia sekitar 17 hingga 60 tahun, sehingga sebelum seseorang melakukan donor, petugas dari PMI akan mengecek terlebih dahulu apakah si pendonor kondisinya baik, sehingga layak untuk mendonorkan darahnya atau tidak.

Selain itu petugas PMI juga menjelaskan berbagai manfaat donor darah kepada pendonor, antara lain :

  1. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah,
  2. Menurunkan risiko kanker
  3. Membantu menurunkan berat badan
  4. Mendeteksi penyakit serius
  5. Membuat lebih sehat secara psikologis dan memperpanjang usia

Selain untuk kegiatan sosial, kegiatan ini juga sebagai edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana pentingnya menjaga kesehatan dan manfaat darah bagi kehidupan manusia. Menurut kepala Desa Pegiringan, kegiatan donor darah ini akan terus dilakukan, karena sudah menjadi agenda rutin desa dan kegiatan terjadwal PMI Kabupaten Pemalang,  beliau menegaskan bahwa kegiatan sosial bisa dilakukan dengan banyak hal, antara lain donor darah dan pemerintah Desa Pegiringan akan terus memfasilitasi kegiatan donor darah rutin tersebut. (AdminDesa)

Author: AdminDesa
Pegiringan adalah desa di kecamatan Bantarbolang, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Pegiringan salah satu desa di kecamatan Bantarbolang yang mempunyai bahasa yang khas di banding daerah lain di Pemalang, yaitu pengucapan vokal akhir (a) dibaca dengan (e) seperti pada kata belah.