Group Hadroh “Kartan” Pegiringan Juarai Festival Hadroh

Media Informasi Warga

Group Hadroh “Kartan” Pegiringan Juarai Festival Hadroh

21 September 2017 Berita 0

Seni hadrah merupakan salah satu kesenian tradisi di kalangan umat Islam. Kesenian ini berkembang seiring dengan tradisi memperingati Maulid Nabi di kalangan umat islam. Kesenian ini menggunakan syair berbahasa Arab yang bersumber dari kitab Al-Barzanji, Simthutduror, Budrah ketiganya adalah kitab sastra yang terkenal di kalangan umat islam yang menceritakan sifat-sifat Nabi dan keteladanan akhlaknya. Dulu seni hadrah hanya berkembang di kalangan pesantren-pesantren, namun kini kesenian Hadrah telah banyak berkembang sampai ketingkat madrasah-madarsah, masjid-masjid di desa, salah satunya adalah di desa Pegiringan, tercatat ada 5  kelompok yang masih tetap eksis menekuni kesenian Hadroh.

Salah satu group hadroh yang belum ini menjuarai salah satu even festival Hadroh, adalah group hadroh “KARTAN”, dari kelompok remaja Masjid Tanwirul Huda. Group hadroh “KARTAN” tampil sebagai juara I Festival Hadroh yang digelar oleh Panitia Bumi Pawiyatan desa semiliran (20/9/17). Festival tersebut diikuti oleh group-group hadroh diwilayah Bantarbolang dan luar Bantarbolang. Group hadroh “KARTAN” tampil membawakan dua sholawat Syair tanpo waton  dan lagu pilihan Asubhubad. Penyerahan hadiah akan dilaksanakn pada pada malam puncak peringatan 1 Muharram 1439 H (21/09)

Ust. Masrukhi selaku Pembina group hadroh “KARTAN”, menyampaikan apresiasi dan ucapan syukur serta terimakasih kepada semua pihak yang memberikan dukungan, khususnya warga masyarakkat Tanwirul Huda. Juara ini sebagai hadiah di tahun baru 1439 H, Ust. Masruhi berharap remaja yang tergabung dalam group “KARTAN” agar tetap semangat, agar kedepannya bisa lebih berprestasi pada even-even yang lain. (red_Azka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *