Insentif Ketua RT Sebagai Wujud Fasilitasi dan Penghargaan Dari Pemerintah Desa

Secara administratif Indonesia, desa adalah pembagian wilayah administratif yang berada di bawah kecamatan dan dipimpin oleh Kepala Desa. Dalam penyelenggaraan kegiatan pemerintah , Desa memiliki apa yang disebut dengan Lembaga Kemasyarakatan yang di bentuk oleh masyarakat dalam upaya memberdayakan masyarakat. Rukun Tetanga (RT) dan Rukun Warga (RW) sebagai lembaga mitra pemerintahan pemilihan atau Musyawarah yang kemudian  ditetapkan oleh kepala desa atau lurah.

Fungsi RT dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa antara lain :

  1. Pendataan kependudukan dan pelayanan administrasi pemerintahan lainnya;
  2. Pemeliharaan keamanan, ketertiban dan kerukunan hidup antar warga;
  3. pembuatan gagasan dalam pelaksanaan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat; dan
  4. Penggerak swadaya gotong royong dan partisipasi masyarakat di wilayahnya.

2b70dcb1-b227-4418-adf9-7735d78f96f1Sedangkan hubungan antara RT dan Pemerintahan didesa adalah Hubungan hubungan kemitraan dengan Kelurahan di bidang penyusunan rencana dalam melaksanakan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya masyarakat.

Mengingat pentingnya peran RT dalam jalannya roda pemerintahan didesa dan terselanggaranya pembangunan yang merasa, perlu ada perhatian khusus dari pemerintah daerah pada umumnya dan pemerintah desa pada khususnya. Desa Pegiringan memiliki 49 rukun tetangga, sekalipun jumlah RT cukup bayak, namun pemerintah desa tetap berupaya memfasilitasi RT dan memberikan peranan penting dalam segala proses penyelenggaraan pemerintahan di desa. Upaya fasilitasi dan dukungan dari Pemerintah Desa Pegiringan dari tahun ketahun semakin meningkat, bentuk upaya tersebut antara lain :

  • Pemerintah desa memberikan dukungan dana untuk insentif RT/RW
  • Melakukan bimbingan teknis bagi pengurus RT/RW melalui forum formal maupun informal.
  • Melibatkan RT/RW dalam proses perencanaan pembangunan dimulai dari Musdus dan MUSRENBANG di tingkat desa, serta forum-forum lainnya.
  • Memberikan kepercayaan kepada pengurus RT/RW untuk menyampaikan perkembangan pemberdayaan dan partisipasi masyarakat di wilayahnya masing-masing.

edce510b-5906-487b-880f-2e9b4add267aBerbagai upaya fasilitasi dan dukungan tersebut akan terus ditingkatkan seiring dengan perkembangan, itu yang dikatakan Kepala Desa Pegiringan dan itu sudah menjadi komitmen dari awal beliau menjabat sampai akhir masa jabatannya. Beliau kepala desa Pegiringan juga menyampaikan bahwa komitmen tersebut, secara bertahap kurang lebih 3 tahun beliau menjabat, seperti hari ini Senin, 2 Januari 2017 seluruh ketua RT diundang oleh pemerintah desa bersamaan dengan pengambilan dan pelantikan Sekeretaris Desa dan Perangkat Desa lainnya,  salah satu agenda acara setelah pelantikan adalah penerimaan insentif/biaya operasional para ketua RT,masing-masing ketua RT mendapatkan hak sesuai dengan komitmen pemerintah desa Pegiringan, untuk saat ini masing-masing ketua RT diberikan insentif Rp. 900 ribu rupiah, diterimakan 2 kali per tahun anggaran. Disampaikan oleh Kepala Desa Pegiringan, pemberian insentif tersebut disamping sudah diatur di rencana anggaran desa dan peraturan lainnya juga sebagai wujud fasilitasi dan dukungan Pemerintah Desa kepada ketua RT semoga akan lebih menambah semangat para ketua RT untuk mengabdikan diri untuk desa.

 

Author: AdminDesa
Pegiringan adalah desa di kecamatan Bantarbolang, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Pegiringan salah satu desa di kecamatan Bantarbolang yang mempunyai bahasa yang khas di banding daerah lain di Pemalang, yaitu pengucapan vokal akhir (a) dibaca dengan (e) seperti pada kata belah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *