Jalan Tidak Lagi Banjir, Warga RW. 02 Dukuh Sipedang Ramai Selfie Sore Hari

Proses pembangunan desa merupakan mekanisme dari keinginan masyarakat yang dipadukan dengan masyarakat. Perpaduan tersebut menentukan keberhasilan pembangunan seperti yang dikemukakan oleh Ahmadi (2001:222) mekanisme pembangunan desa adalah merupakan perpaduan yang serasi antara kegiatan partisipasi masyarakat dalam pihak dan kegiatan pemerintah di satu pihak. Sebagai suatu proses adalah memperhatikan jalannya proses perubahan yang berlangsung dari cara hidup yang lebih maju/modern. Sebagai suatu proses, maka pembangunan desa lebih menekankan pada aspek perubahan, baik yang menyangkut segi sosial, maupun dari segi psikologis.

Salah satu kebutuhan masyarakat desa yang sangat mendesak adalah insfrastruktur yang memadai, baik dan lancar, salah satu infrastruktur tersebut adalah jalan. Infrastruktur jalan merupakan salah satu faktor pendukung dalam proses perubahan, seperti perubahan ekonomi, perubahan pola hidup dan perubahan wilayah. Dukuh Sipedang, sebagai satu-satunya pedukuhan terjauh di Pegiringan dimana, dukuh Sipedang hanya mempunyai 1 akses jalan utama, untuk melakukan kegiatan ekonomi. Sudah lama warga RW. 02 dan pedukuhan Sipedang memimpikan akses jalan yang memadai, baik dan lancar. Mengingat setiap musim penghujan, jalan  menuju Sipedang selalu tergenang air, karena drainase tidak berfungsi normal, belum lagi ditambah struktur jalan yang belum diaspal menambah dukuh Sipedang semakin terisolir.

sp2
=== Sebelum dibangun ===
whatsapp-image-2016-12-25-at-16-14-18
=== Sesudah dibangun ===

Akhirnya warga RW. 02 dan Pedukuhan Sipedang bisa tersenyum gembira, pasalnya keinginan mereka akan akses jalan yang baik sudah bisa dinikmati. Kini jalan akses Sipedang sudah lebih baik, melalui program dana Desa, Drainase sepanjang jalan mulai dibangun, gang-gang di pedukuhan Sipedang di paving. Keceriaan tersebut terlihat pada sore hari, banyak hilir mudik kendaraan bermotor melewati jalan, anak-anak gembira bermain, karena kini jalannya tidak lagi becek dan banjir. Senyum mereka adalah kebahagiaan yang tulus.

sp-3
=== Sebelum dibangun ===
whatsapp-image-2016-12-25-at-16-14-16
=== Sesudah dibangun ===

Kepala Desa Pegiringan, bertekad dengan adanya dana desa, semua insfrastruktur fisik di Desa harus terbangun, sesuai dengan perencanaan jangka panjang Desa, perkiraan di tahun 2018 semua infrastruktur fisik di semua wilayah selesai terbangun, dan jika semua insfrastruktur fisik sudah terbangun  maka pembangunan selanjutnya akan lebih fokus pada pembangunan non fisik.

Author: AdminDesa
Pegiringan adalah desa di kecamatan Bantarbolang, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Pegiringan salah satu desa di kecamatan Bantarbolang yang mempunyai bahasa yang khas di banding daerah lain di Pemalang, yaitu pengucapan vokal akhir (a) dibaca dengan (e) seperti pada kata belah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *