Jambore KPMD IT Sebagai Transpormasi Peran Pemuda Dalam Membangun Desa

JAMBORE KPMD IT Desa 2017 adalah kegiatan Tahunan yang diselenggarakan oleh Relawan TIK Kab. Pemalang yang tergabung di dalam Pusat Pemberdayaan Informatika dan Desa (PUSPINDES) guna memberikan keterampilan serta meningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Teknologi Komputer) khususnya bagi pemuda/Kader Pemberdayaan Masyarakat Desasebagai bagian yang penting guna terwujudnya pembangunan Sistem Informasi Desa dan Kawasan yang diamanatkan oleh Undang Undang no 6 tahun 2014 tentang Desa.

Jambore IT Desa 2017 Pemalang dengan mengusung tema “ Desa Berdaya Dengan Akurat Data’ diselenggarakan selama 2 hari, Sabtu-minggu (28-29/10/2017), di Bumi perkemahan Si Kucing, Moga, Pemalang diikuti oleh 320 peserta yang berasal dari Relawan TIK, KPMD, mahasiswa dan masyarakat umum yang berasal dari berbagai daerah, seperti Pemalang, Semarang, Sukabumi, Yogyakarta, Bojonegoro, Tangerang dan Merauke.

Jambore KPMD juga  digelar tepat bersamaan dengan peringatan hari sumpah pemuda, hal ini dapat dijadikan sebagai semangat perubahan peran pemuda khususnya di desa dalam kepedulian dan inovasi untuk membangun desanya. Jambore KPMD juga bisa menjadi media untuk mempromosikan partisipasi pemuda di desa di Kabupaten Pemalang sebagai mata rantai inovasi membangun desa dari hulu ke hilir, agar inovasi desa-desa di Pemalang mampu membawa desa-desa di Kabupaten Pemalang lebih berdaya dan Go Nasional.

Jambore KPMD IT ini merupakan langkah strategi transformasi pemuda desa untuk menyongsong persaingan global di masa yang akan datang. Pemuda, sebagai salah satu potensi suatu bangsa sangat diperlukan dalam mendorong terobosan dan inovasi untuk mengatasi persoalan yang ada, seperti yang diamanatkan Kepala Dispermades Kabupaten Pemalang, Rifqi Jaya, MM. dalam penutupan jambore, beliau berpesan agar pemuda untuk tetap menjaga api semangat pemuda untuk selalu mengabdikan dirinya demi kemajuan bangsa dan Negara khususnya desa. Tetap teladani api semangat sumpah pemuda, tegas Rifki Jaya, MM.

Jayalah pemuda desa, jayalah desaku Pemalang, KPMD akan menjadi semangat abadi para pemuda desa, semangat kerja sama membangun desa dan Pemalang. Saatnya pemuda kembali kedesa dan mengimplementasikan ilmu dan amanah Jambore KPMD 2017. Teruslah berbuat dan berbuat, berkarya untuk tanah air tercinta, seperti apa yang diamanahkan Bung Karno “Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai ! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat. (Pidato HUT Proklamasi, 1950 Bung Karno). Majulah KPMD Desa, Desa Berdaya Dengan Akurat Data (AdminDesa)

Author: AdminDesa
Pegiringan adalah desa di kecamatan Bantarbolang, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Pegiringan salah satu desa di kecamatan Bantarbolang yang mempunyai bahasa yang khas di banding daerah lain di Pemalang, yaitu pengucapan vokal akhir (a) dibaca dengan (e) seperti pada kata belah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *