Jelang Deklarasi ODF dan Pencanangan Kampung Sehat, Pemerintah Desa Gandeng Sekolah Bersihkan Lapangan

Deklarasi ODF (Open Defecation Free) yang dirangkaikan dengan peringatan hari cuci tangan sedunia dan pencanangan kampung sehat Sehat, pada Senin 16 Oktober 2017 di desa Pegiringan disambut suka cita oleh masyarakat desa Pegiringan, Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Kepulauan Pemalang.

Berbagai bentuk persiapan digelar masyarakat bersama aparat Pemerintah Desa Pegiringan mulai dari Rapat koordinasi antara pemerintah desa dengan lembaga dan masyarakat, penataan lokasi kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Sidadadi Desa Pegiringan sampai kepada penyelengggaraan kerja bakti massal yang dilaksanakan secara serentak sejak Jum’at kemarin.

Sabtu, 14 Oktober 2017 pemerintah desa juga melaksanakan kegiatan lanjutan, yaitu tahap pembersihan lapangan dengan melibatkan guru dan siswa SD Negeri 03 Pegiringan. Kegiatan bersih-bersih lapangan dilaksanakan setelah jam belajar selesai.

Kepala Desa Pegiringan, Duhari Daya menyampaikan bahwa sengaja pada Sabtu ini mengajak guru dan siswa di sekitar lapangan desa, yaitu SD Negeri 03 Pegiringan untuk bersama kerja bhakti membersihkan sampah sekaligus melakukan persiapan pelaksanaan Deklarasi ODF (Open Defecation Free) yang dirangkaikan dengan peringatan hari cuci tangan sedunia dan pencanangan kampung sehat Sehat.

Kepala Sekolah SDN 03 Pegiringan, Winarto, S.Pd. menyambut baik kegiatan tersebut, karena acara pada senin besok juga melibatkan siswa di sekolahnya. Perlu persiapan segala sesuatunya, kami mendukung dengan senang hati bersama pemerintah desa mensukseskan kegiatan ini, ucap Winarto, S. Pd.

Sebelum kerja bakti dimulai, terlebih dahulu siswa dan guru serta masyarakat dibagikan kantong plastik sebagai tempat sampah, selanjutnya secara bersama-sama sampah-sampah dikumpulkan menjadi satu. Setelah lapangan dalam kondisi bersih, direncanakan sore nanti panggung dan tenda serta peralatan lainnya akan dipasang. Sekitar dua ribu kursi dipersiapkan untuk menyambut kehadiran tamu undangan.

Deklarasi ODF (Open Defecation Free) yang dirangkaikan dengan peringatan hari cuci tangan sedunia dan pencanangan kampung sehat Sehat akan dihadiri oleh jajaran pemerintah Pemerintah Daerah (OPD), Forkopimda, Camat, dan Kepala Desa se Kabupaten Pemalang. (AdminDesa)

Author: AdminDesa
Pegiringan adalah desa di kecamatan Bantarbolang, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Pegiringan salah satu desa di kecamatan Bantarbolang yang mempunyai bahasa yang khas di banding daerah lain di Pemalang, yaitu pengucapan vokal akhir (a) dibaca dengan (e) seperti pada kata belah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *