Kades Dampingi Bu Sutri Terima Kunci Rumah Hasil Program Bedah Rumah Kukerta IPDN

Sebanyak 217 Wasana Praja IPDN angkatan XXIV tahun akademik 2016/2017 telah selesai melakukan kuliah kerja nyata (kukerta) di Kabupaten Pemalang. Mereka terdiri dari 84 praja putra dan 133 praja putri, kukerta dilakukan 29 hari (26 April – 24 Mei) di 16 desa pada empat kecamatan.

Desa Pegiringan Kecamatan Bantarbolang adalah salah satu desa yang menjadi tempat Kukerta Praja wasana IPDN tahun 2017. Sebanyak 14 Praja selama 29 hari telah menjadi keluarga, selama 29 hari itu pula Praja IPDN banyak memberikan kontribusi bagi Desa Pegiringan. Banyak program telah dilaksanakan, salah satunya adalah bedah rumah.

Bu Sutri warga RT. 03 RW. 04 Desa Pegiringan, seorang nenek yang mendapatkan bantuan program bedah rumah. Rumah berukuran 5×6 dengan dinding rumah berbahan kayu campuran. Di dalamnya fasilitas kamar dan dapur seadanya. Antara kamar, dapur dan rumah tamu hanya terpisahkan sekat kayu papan seadanya. Ketika dilihat dari ruang tamu, semuanya hampir kelihatan, dengan kondisi tersebut, pada tanggal 6 Mei 2017 rumah bu Sutri di ratakan dengan tanah dan dibangun kembali oleh praja IPDN dan kini rumah bu Sutri telah berubah 100 derajat bahkan lebih bagus dari rumah yang lainnya.

Selasa, 13 Mei 2017 Tim Kukerta IPDN menyelenggarakan acara serah terima Kunci rumah Hasil Bedah Rumah Bhakti Praja. Kegiatan dilaksanakan terpusat di Desa Wanamulya Kecamatan Pemalang. Bu Sutri didampingi Kepala Desa dan Sekdes Pegiringan serta Praja IPDN kelompok Kukerta Desa Pegiringan Ali Syahputra, hadir dalam acara tersebut.

Wakil Gubernur IPDN Reydonnyzar Moenek mengatakan kukerta Praja IPDN dimaksudkan sebagai wahana pengalaman praja di lapangan sebelum mereka memasuki lingkungan kerja sesungguhnya di kemudian hari. IPDN berasal dari masyarakat dan tentunya IPDN harus kembali kemasyaraat, memberikan pengabdian kepada masyarakat dan berbuat terbaik kepada masyarakat, itulah motto dan teekad IPDN tegas wakil Gubernur IPDN.

Setiap praja yang melaksanakan kukerta harus ada bakti karya yang dibuat, sehingga bukan hanya fokus pada masalah pemerintahan. Tapi juga pemberdayaan masyarakat yakni, salah satunya bedah rumah. Tujuan kegiatan bedah rumah ini, untuk membantu masyarakat tidak mampu, karena kegiatan kukerta juga sebagai menumbuhkan sensitifitas praja, agar mampu merasakan keadaan yang ada di lingkungan masyarakat, tuturnya. Wakil gubernur IPDN Reydonnyzar Moenek juga sempat berdialog dengan penerima program bedah rumah dari 4 Desa yang mendapatkan program bedah rumah dari IPDN.

Secara terpisah, tak kuasa menahan haru bu Sutri mengucapkan terima kasih dalam bahasa Jawa “Niki saestu rejeki ageng. Kulo beruntung pak, bade ndamel griyo, mboten saged, mboten gadah arto, yuswa mpun sepuh mboten saged nyambut damel. Matur nuwun sanget pak, mugio Gusti Allah paring maringi piwales kesaenan dumateng bapak-bapak”  artinya “Ini rejeki besar, saya beruntun pak, mau buat rumat tidak mampu, usia sudah tua, tidak bisa bekerja. Terima kasih banyak pak, Semoga Alloh membalas kebaikan bapak-bapak,”. Bu Sutri menangis bahagia seusai tim bedah rumah dari IPDN memberikan kunci rumahnya yang selesai di bangun.

Kepala Desa Pegiringan Duhari Daya saat mendampingi bu Sutri menyampaikan ucapan syukurnya kepada tim Kukerta IPDN yang telah membantu bu Sutri. “Rumah bu Sutri memang sudah lama kondisinya seperti ini. Kami merasa bersyukur IPDN peduli kepada warga kami. Tentunya dengan bedah rumah ini, akan membuat tentram warga kami,” tuturnya. Terima kasih IPDN, bhaktimu akan terkenang sepanjang masa, semoga tahun depan Desa Pegiringan juga terpilih menjadi tempat Kukerta IPDN Kembali, tegas Duhari Daya. (Admin)

Author: AdminDesa
Pegiringan adalah desa di kecamatan Bantarbolang, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Pegiringan salah satu desa di kecamatan Bantarbolang yang mempunyai bahasa yang khas di banding daerah lain di Pemalang, yaitu pengucapan vokal akhir (a) dibaca dengan (e) seperti pada kata belah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *