Kegiatan Jum’at Bersih Sebagai Program Kerja Percontohan Masyarakat

Jum’at Bersih merupakan kegiatan rutin di Lingkungan Pemerintahan Desa Pegiringan, yang dilaksanakan oleh seluruh perangkat dari mulai tingkat Kepala Desa, Kepala Dusun, Sekretaris Desa dan staff perangkat Desa. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di lintas sektoral aparatur dan lembaga desa di desa Pegiringan. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bapak Duhari Daya selaku Kepala desa Pegiringan bersama dengan staft desa Kegiatan jum’at bersih ini, di selenggarakan bertujuan untuk menjaga lingkungan kantor agar selalu terlihat bersih, nyaman dan sehat serta pemeliharaan taman yang ada di depan balai desa Pegiringan agar terlihat lebih bersih dan indah. Kegiatan Jumat Bersih merupakan rangsangan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekaligus memberikan motifasi kepada semua masyarakat yang berada di sekitar wilayah kantor agar tetap menjaga kebersihan untuk menuju keluarga yang lebih sehat.

Kegiatan ini rutin tiap sepekan sekali di laksanakan kegiatannya antara lain memangkas  dan menebang pohon yang mengganggu jalan jalan desa, membersihkan selokan, selain itu juga penanaman pohon baru, seperti yang dilaksanakan pada Jum’at (24/02/2017) Pemerintah desa Pegiringan melaksanakan penanaman/penghijauan di depan balai desa Pegiringan. Taman balai desa yang baru selesai dibangun, karena letaknya tepat di badan jalan utama, untuk menambah keindahan dan keamanan, taman ditanami pokon pucuk merah agar lebih indah dan nyaman.

Menurut perangkat desa Pegiringan (Ma’muri) Jumat Bersih selain melakuan kegiatan kebersihan lingkungan kantor juga untuk melestarikan tradisi gotong royong antar karyawan di lingkungan kerja. Semuanya, baik Kepala Desa hingga karyawan dilibatkan setiap pagi pada hari Jumat pagi,” ujarnya. Kalau lingkungan kantor nyaman dan bersih, kata Ma’muri, semangat kerja diharapkan meningkat.  Dengan demikian kantor akan menjadi rumah sendiri sehingga semuanya memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan, keamanan dan keindahan. Sementara itu Anggota BPD Desa Pegiringan Slamet Riyadi mengatakan, program Jumat Bersih, selain membersihkan lingkungan perkantorannya juga mendidik aparatur desa untuk disiplin kerja. (red. Rubrik warga_Slamet Riyadi Anggota BPD Desa Pegiringan)

Author: AdminDesa
Pegiringan adalah desa di kecamatan Bantarbolang, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Pegiringan salah satu desa di kecamatan Bantarbolang yang mempunyai bahasa yang khas di banding daerah lain di Pemalang, yaitu pengucapan vokal akhir (a) dibaca dengan (e) seperti pada kata belah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *