Kegiatan Rutin Kader Posyandu Dusun V Desa Pegiringan

Media Informasi Warga

Kegiatan Rutin Kader Posyandu Dusun V Desa Pegiringan

11 Januari 2018 Berita 0

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar/sosial dasar, untuk mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi. Kegiatan Posyandu diselanggarakan oleh masyarakat Kader Posyandu desa yang dibantu oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Bantarbolang. Seperti yang terlihat Hari Kamis (11/1) di Posyandu Dusun V desa Pegiringan. Kegiatan Posyandu yang rutin dilaksanakan Tiap satu kali dalam sebulan ini dimulai pada pukul 08.00 Pagi. Di desa Pegiringan sendiri terdapat 5 buah Posyandu yang masing masing ada di tiap tiap dusun

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di   Posyandu ini dibagi menjadi dua kategori, untuk balita dan untuk ibu-ibu serta lansia. Untuk balita, Bentuk pelayanan tersebut meliputi penimbangan balita untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Penimbangan secara rutin di Posyandu dilakukan untuk memantau pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Selain itu juga dilakukan pemberian imunisasi pada balita untuk menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang anak-anak. Seperti imunisasi BCG, DPT, Polio, Hepatitis B, dan juga Campak serta Pemberian Vitamin.

Sedangkan untuk ibu-ibu, fasilitas yang disediakan adalah pemeliharaan kesehatan selama mengandung dan layanan KB serta peningkatan Gizi Ibu Hamil dengan Pemberian Vitamin. Dengan adanya posyandu ini, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan untuk membantu meningkatkan kesehatan dan membantu memonitoring pertumbuhan dan perkembangan balita dan Ibu Hamil.

Mba Roah, ketua Posyandu dusun V mengatakan ” kita melakukan kegiatan Posyandu ini sebulan sekali Tiap minggu ke dua. Dalam Tiap Kegiatan kita mendapatkan Pendampingan dari Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) kecamatan Bantarbolang dan Bidan Desa desa yang bertugas. Untuk  Balita yang datang ke posyandu berkisar lebih kurang 20 orang balita dan mungkin juga bisa lebih. Umur anak balita sekitar 1 bulan sampai 5 tahun”. Kebetulan kegiatan Posyandu hari ini, berbarengan dengan kegiatan Verifikasi penerima PKH oleh pendamping PKH Pegiringan, Mas Ujang Mustolih, ujarnya.

Sementara Itu, Ketua pembina Posyandu desa Pegiringan, ibu Karisah menyampaikan pentingnya Kegiatan Posyandu, menurut beliau pada dasarnya Posyandu mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Masyarakat bisa sadar arti pentingnya kesehatan. Baik kesehatan diri sendiri, anak, keluarga dan lingkungan masyarakat. Menyorot tentang pentingnya peran para kader Posyandu, bu Kades memberikan apresiasi dan ucapan  terima kasih yang besar kepada para kader, karena dengan Jumlah Insentif yang jauh dari kata cukup mereka masih bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat Desa. “Alhamdulillah ditengah keterbatasan, kader-kader Posyandu di desa kami merupakan kader yang aktif dalam memberikan pelayanan dan perhatian kepada masyarakat dan serius menangani masalah-masalah kesehatan masyarakat” jelasnya. #AdminDesa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *