Kelompok Tani Ternak “Maendo Jaya” Siap Memenuhi Kebutuhan Pasar

Media Informasi Warga

Kelompok Tani Ternak “Maendo Jaya” Siap Memenuhi Kebutuhan Pasar

9 Desember 2016 Berita 0

Salah satu Program  Pemerintah Desa Pegiringan adalah pemberdayaan dan pengelolaan kelompok tani ternak. Kelompok tani ternak “Maendo Jaya” adalah kelompok tani ternak di Desa Pegiringan, yang selama kurun waktu dua tahun terakhir mengalami perkembangan cukup pesat. Kelompok tani ternak “Maendo Jaya” yang diketuai bapak Carim, ini mengembangkan ternak kambing lokal.

dsc01529Lokasi ternak berada di sebelah barat Desa, tepatnya di Tanah persil Desa, dimana disitu juga terdapat kelompok ternak Kerbau. Karena jarak lokasi ternak yang terpisah dengan pemukiman penduduk, ini sangat berpeluang untuk berkembang. Kondisi saat ini kelompok tani ternak “Maendo Jaya” memiliki anggota sekitar 36 peternak dengan jumlah 30 kandang dalam satu lokasi.

Salah satu manfaat dari Kelompok Ternak ini adalah membantu peternak yang berada dalam kondisi ekonomi kekurangan. Karena kambing memiliki nilai jual tinggi di pasar dan dalam hal pemeliharaan tidak memerlukan biaya terlalu banyak. Sistem pengelolaan yang terpusat dalam satu wilayah juga sangat baik jika dibandingkan dengan peternak-peternak dari kelompok lain.

Pada kelompok tani ternak ”Maendo Jaya”, peternak tidak diperkenankan membawa/membuat kandang sendiri di rumah, peternak hanya diperbolehkan merawat ternaknya dilokasi yang telah ditentukan pemerintah desa. Sistem bagi hasil antara peternak dan pengelola, juga membantu peternak dalam merawat ternaknya tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

dsc01545Sejak awal berdiri sampai saat ini jumlah ternak semakin bertambah. Dengan bertambahnya jumlah ternak yang semakin berkembang, perlu adanya penambahan jumlah kandang dan juga pengaturan sistem manajemen kelompok ternak yang lebih baik, untuk itu Pemerintah Desa Pegiringan dalam waktu dekat akan segera merevitalisasi dan memfasilitasi kelompok ternak       ‘ Maendo Jaya”  dengan program pemberdayaan kelompok ternak, sehingga kedepannya kelompok ternak “Maendo Jaya” bisa menjadi kelompok ternak yang maju dan bisa memenuhi kebutuhan pasar. Salam membangun. (Hadi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *