Kepala Desa Tinjau Lokasi Normalisasi Kali Sawah

Media Informasi Warga

Kepala Desa Tinjau Lokasi Normalisasi Kali Sawah

18 Januari 2017 Berita 0

Kali sawah di sebelah timur desa Pegiringan merupakan satu-satunya sungai yang berada di area persawahan, yang sudah lama menjadi keluhan petani, pasalnya selain sungai semakin menyempit dan tidak lancar sehingga banjir menjadi penyebab utama gagal panen petani di wilayah tersebut. Menanggapi persoalan lama tersebut, Pemerintah Desa Pegiringan saat ini sedang melakukan normalisasi kali sawah dengan menggunakan alat berat, karena apabila normalisasi dilakukan secara manual, membutuhkan tenaga yang cukup banyak dan waktu yang lama.

Rabu, 13 Januari 2017 Kepala Desa (Duhari Daya) didampingi Kepala Dusun III (Paojan) meninjau langsung pengerjaan normalisasi kali sawah, untuk memastikan pengerjaan dilakukan dengan baik, menurut beliau normalisasi kali sawah ini harus betul-betul dilakukan secara menyeluruh, karena saat ini lebar sungai hanya berkisar 1 meter, sementara arus air cukup deras. Sungai kali sawah harus dikembalikan sesuai ukuran awal yaitu 2,5 m, untuk itu beliau berharap kesadaran dan kerja sama warga khususnya petani yang memiliki sawah dibantaran kali sawah untuk segera memanen padi, karena sungai akan dilebarkan dengan alat berat. Normalisasi kali sawah ini dibiayai oleh dana Bantuan Keuangan Kepada Pemerintah Desa Bersifat Khusus, kalau sesuai RAB hanya sekitar 144 meter, namun beliau (Duhari Daya) mengatakan akan dilakukan pengembangan dengan dana lain mengingat panjang sungai kali sawah tidak mungkin hanya dinormalisasi setengah-setengah, harus menyeluruh dari hulu ke hilir.

Normalisasi dilakukan secara bertahap, saat ini baru tahap pengerukan dan pelebaran sungai mulai dari hilir ke hulu, nanti setelah proses pengerukan dan pelebaran selesai akan dilakukan penyenderan secara permanen, karena struktur tanah yang tidak memungkinkan apa bila langsung dilakukan pengerasan, maka dilakukan bertahap, belum lagi masih banyaknya sawah warga yang belum dipanen, ini menjadi kendala lain proses normalisasi. Selain itu saat ini juga sedang diusahakan pembangunan kawasan bersama desa lain, mengingat aliran sungai kali sawah juga ada yang masuk diwilayah Desa Sumurkidang dan Desa Banjarsari, ini perlu perhatian yang serius untuk langkah kedepannya. Kepala Desa (Duhari Daya) berharap nantinya setelah sungai dinormalisasi, partisipasi dan kesadaran warga khususnya petani diwilayah tersebut untuk merawat dan menjaga kondisi sungai, karena yang setiap hari melihat dan tahu tentang kondisi rill baik saat hujan ataupun masa lainnya adalah petani langsung, Pemerintah Desa akan terus memfasilitasi dengan program-program yang menunjang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *