Kukerta IPDN Diharapkan Dapat Meningkatkan Kemajuan Desa Pegiringan

Sebanyak 14 praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sedang melaksanakan KUKERTA (KKN)  selama 29 hari di Desa Pegiringan Kecamatan Bantarbolang. Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan oleh Madya Praja  tersebut disambut dengan penuh harapan bahwa ada dampak perubahan yang nyata untuk Desa Pegiringan, khususnya terkait peningkatan pemahaman akan tata kelola administrasi pemerintahan, pemberdayaan masyarakat, pembinaan, pembangunan dan kegiatan lain di Desa Pegiringan terkait. Disampaikan oleh Sekretaris Desa, Ma’muri, ini adalah kesempatan terbaik, bagi perangkat desa untuk menimba dan berbagi ilmu kepada para Praja, mulai dari kedisiplinan, tata administrasi desa serta ilmu kepemerintahan lainnya, beliau mengharapkan para perangkat mengambil kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Selama masa KKN, para praja IPDN akan membantu para aparat desa dalam pembenahan administrasi desa dan penataan pengelolaan pemerintahan, pemberdayaan masyarakat dan berbaur untuk lebih mengenal masyarakat. Disampaikan oleh ketua kelompok Iqbal Rizki Pangestu bahwa selama melakukan KKN, banyak kegiatan yang akan dilakukan sesuai dengan tupoksi jurusan masing-masing praja, yang semuanya sudah disusun dalam proker selama 29 hari kedepan.

Kamis, 27 April 2017 2017, adalah hari pertama kegiatan praja dimulai, sejak pukul 07.00 para praja sudah berada dikantor Desa, hari ini kita mempersiapkan kantor sementara, selanjutnya nanti akan berkomunikasi langsung dan melihat kegiatan pemerintahan, kita akan banyak belajar dan berbagi, mudah-mudahan akan membawa kebaikan bagi pemerintah desa Pegirigan dan masyarakat, tutur salah satu praja.

Kegiatan selama KKN di Pegiringan yang akan dilakukan oleh praja secara umum antara lain, membantu melengkapi profil desa, tata kelola administrasi desa, membantu validasi kependudukan dan SOP pelayanan masyarakat serta inovasi-inovasi lainnya. Mereka di sebar di tiga wilayah RW dengan maksud agar para praja juga membaur langsung dengan masyarakat, berkomunikasi serta mengikuti kegiatan-kegiatan masyarakat yang ada di pegiringan. Sungguh kesempatan yang baik bagi para perangkat desa, khususnya, karena Pegiringan menjadi tempat KKN praja IPDN, karena tidak semua desa bisa memperoleh kesempatan seperti ini. Kesempatan ini mestinya harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, untuk kemajuan tata kelola administrasi pemerintahan serta inovasi-inovasi pelayanan dan banyak hal  lainnya. Semoga dengan adanya KKN praja IPDN ini Pegiringan akan lebih maju baik dalam tata kelola administrasinya juga maju dalam etos kerja dan sumber daya manusianya. (admin)

Author: AdminDesa
Pegiringan adalah desa di kecamatan Bantarbolang, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Pegiringan salah satu desa di kecamatan Bantarbolang yang mempunyai bahasa yang khas di banding daerah lain di Pemalang, yaitu pengucapan vokal akhir (a) dibaca dengan (e) seperti pada kata belah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *