Kukerta IPDN Memberikan Kontribusi Nyata Bagi Desa Pegiringan

Media Informasi Warga

Kukerta IPDN Memberikan Kontribusi Nyata Bagi Desa Pegiringan

24 Mei 2017 Opini 0

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan oleh Praja IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) di Kabupaten pemalang, telah memberikan keteladanan dan kontribusi yang positif terhadap kemajuan pembangunan di Pemalang, khususnya bagi desa-desa yang ditempati Kukerta. Maksud dari kegiatan Kukerta adalah untuk Memberikan kesempatan bagi Civitas Akademika IPDN untuk menstransformasikan dan menciptakan media pembelajaran riel di lapangan dalam penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan, melakukan praktek, pembinaan, pendampingan, dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni pemerintahan bagi pemerintah daerah dan masyarakat di lapangan, serta meningkatkan peran IPDN dalam pengembangan kapasitas dan kapabilitas penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan masyarakat madani yang tertib dan aktif serta Memberikan kontribusi bagi peningkatan ilmu pengetahuan dan keterampilan masyarakat.

Seperti yang disampaikan Bupati Pemalang saat menerima Kukerta IPDN di Kabupaten Pemalang, Bupati Pemalang berharap dengan adanya kukerta praja IPDN di desa-desa se-Kabupaten Pemalang diharapkan dapat membantu kehidupan masyarakat desa. Terutama membantu administrasi desa dan pusat pengembangan informasi desa (Puspindes). Dengan adanya  puspindes ini masyarakat desa mampu lebih mudah menjalankan pemerintahan desa. Jadi saya harap anda semua (praja) bisa membantu men-share teknologi informasi ini kepada seluruh masyarakat desa. Apalagi website desa se Kabupaten Pemalang sekarang sudah tersedia di Android Playstore. Selain itu, para praja kukerta juga diminta untuk memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang kini mulai dikembangkan di desa-desa se-Kabupaten Pemalang dengan jenis usaha beraneka macam ragam. Desa merupakan pemerintahan terdepan di Kabupaten Pemalang. Desa dijadikan lokus dan fokus pembangunan. Kehadiran muda praja ini diharapkan dapat membantu dalam hal menata pengelolaan pemerintahan aparatur desa.

Pegiringan sebagai salah satu desa yang menjadi tempat Kukerta, Selama 29 Hari Praja IPDN melakukan Kukerta di Pegiringan,  Pemerintah Desa Pegiringan sangat merasakan kontribusi dan dampak positif nyata, seperti kedisiplinan dalam berbagai hal yang ditunjukkan praja IPDN selama menjalankan Kukerta, ini berdampak langsung khususnya pada perangkat Desa Pegiringan. Selain kedisiplinan dalam hal tata kelola pemerintahan. Praja IPDN juga banyak memberikan kontribusi nyata, Perangat desa bisa banyak menyerap ilmu tentang  bagaimana pengelolaan administasi, pembuatan SOP pelayanan dan masih  banyak lagi ilmu-ilmu yang didapat. Satu kegiatan bhakti Praja yang nyata langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat adalah program bedah rumah yang telah dilakukan oleh Kukerta Praja IPDN di RT. 03 RW. 04 Desa Pegiringan.

Mudah-mudahan dengan selesainya masa Kukerta IPDN di desa Pegiringan, berbagai ilmu dan pengalaman yang telah didapat dari praja IPDN, mampu diimplementasikan langsung oleh perangkat desa Pegiringan, sehingga Pegiringan akan lebih maju, baik dalam pelayanan, administrasi, serta tata kelola Pemerintahan Desa. ini sejalan dengan visi Desa Pegiringan, yaitu “Menjadikan Desa Pegiringan Yang Maju, Cerdas, Mandiri dan Sejahtera”. Terima kasih IPDN atas kontribusinya dalam mengimplementasikan Desa Pegiringan lebih maju dan sejahtera. (admin)

===========================================================================

Tulisan ini kami dedikasikan untuk teman-teman Kukerta Praja IPDN di Desa Pegiringan : (Rahmat, S. STP, Iqbal Rizki Pangestu, Ali Syahputra, Nurwendi Herman Juhdi, Sutrisno Rahman, Novrian Pongtuluran, Marsya Rahmi Utami, Evi Indah Sari, Agnes Gayatri Hutahaean, Sarah Feby K. Sembiring, Windy Siska Tenlima, Dian Apriani Taslim, Dewi Ayu Lestari, Irma Novita, Rhafika Sundari Harahap).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *