Kukerta Praja IPDN Bantu Pegiringan Wujudkan Desa Smart Data

Media Informasi Warga

Kukerta Praja IPDN Bantu Pegiringan Wujudkan Desa Smart Data

29 April 2017 Berita 0

Sabtu malam, 29 April 2017 Kantor Desa Pegiringan sedikit berbeda,  kantor desa tampak rame terang benderang, pasalnya pada kegiatan libur panjang akhir bulan ini, perangkat desa, KPMD dan admin website desa serta Praja IPDN yang saat ini sedang melakukan Kukerta berkumpul bersama. Ma’muri Sekretaris Desa Pegiringan mengatakan Disela-sela liburan panjang ini, seperti yang sudah disepakati bersama, akan digunakan untuk mengerjakan pekerjaan lain yang belum selesai. Sengaja dilaksanakan malam hari, agar lebih santai, rileks, bekerja sambil menikmati malam Minggu, apa lagi ada teman-teman praja IPDN, bisa menambah semangat lebih, tuturnya.

Semua perangkat desa hadir, bersama praja IPDN, semua membawa laptop, sembari menikmati libur para perangkat desa dibantu mahasiswa Praja IPDN akan melakukan Validasi data kependudukan, yaitu melengkapi database kependudukan di Sidekem dengan meengkapi data baru, seperti penerima raskin, PKH dan data lainnya. Kegiatan langsung dipandu oleh KPMD IT Desa dan admin website desa sebagai pengelola IT di desa Pegiringan. Validasi data ini bertujuan untuk memujudkan data kependudukan yang akurat, akuntable guna mewujudkan desa IT dengan smart data.

Kegiatan dimulai dengan teknis validasi data oleh tim IT desa Pegiringan, serta langkah-langkah melakukan pembaharuan data, data terbagi ke laptop masing-masing Kadus dibantu teman-teman KKN IPDN. Dikatakan oleh admin web Desa, bahwa kita punya target, setelah Sidekem dipakai untuk kegiatan pelayanan, maka validasi data harus mengikuti. Memang berat mewujudkan database yang valid, namun itu harus dilakukan, apalagi Pegiringan sedang berusaha menjadi desa smart data, maka teman-teman perangkat harus mengikuti perkembangan. Sebanyak 14 praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sedang melaksanakan KUKERTA (KKN)  selama 29 hari di Desa Pegiringan Kecamatan Bantarbolang turut serta mengikuti kegiatan. (admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *