Kunjungan Lapangan Dispermades Kab. Kendal di Desa Pegiringan

Media Informasi Warga

Kunjungan Lapangan Dispermades Kab. Kendal di Desa Pegiringan

29 Maret 2018 Berita artikel 0

Sistem Informasi Desa (SID) merupakan sebuah bangunan yang menghubungkan antar fungsi pengelolaan data dan informasi secara utuh di desa. Aplikasi SID adalah alat olah data dan informasi berbassis komputer yang akan menjadi salah satu rujukan dasar dan pemberi fungsi layanan. Sistem ini akan berjalan baik dalam ranah offline maupun online. Pada bentuknya yang offline, SID telah terbangun dalam sebuah jaringan data dan informasi di kantor desa. Pada bentuknya yang online, SID akan terbangun dan terhubung dalam jaringan data dan informasi berbasis internet, yang menghubungkan desa dengan dunia luar.

Proses pelaksanaan fasilitasi penerapan Sistem Informasi Desa yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui melalui Dispermades yang dalam pelaksanaan teknisnya dilakukan program pemberdayaan oleh Pusat Pemberdayaan Informatika Desa, yaitu Puspindes. SID desa merupakan salah satu program unggulan dan program inovasi Kabupaten Pemalang, bahkan lewat program unggulan tersebut Relawan TIK lewat program Puspindes Pemalang, mendapatkan penghargaan Champions World Summit on the Information Society (WSIS Prizes) tahun 2018 yang diselenggarakan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) di Jenewa Swiss pada 20 Maret lalu.

Salah satu desa yang saat ini intens mengembangkan SID adalah desa Pegiringan Kecamatan Bantarbolang. Kamis, 29 Maret 2018 Desa Pegiringan mendapatkan kehormatan kunjungan rombongan dari Dispermades Kabupaten Kendal. Rombongan dipimpin oleh Kepala Bidang pembangunan desa dan Kasi Informasi desa, Dispermades Kab. Kendal. Rombongan diterima Kepala Desa Pegiringan beserta perangkat dan staf, sekitar pukul 11.00 WIB di pendopo balaidesa Pegiringan.

Dalam sambutannya Kasi informasi pembangunan desa dari Dispermades Kab. Kendal, Yanuar Fatoni menyampaikan maksud dan tujuan kunjungannya adalah setelah 1 hari sebelumnya melakukan kunjungan di kantor Puspindes Pemalang, untuk hari kedua rombongan ingin melihat langsung bagaimana penerapan SID di desa Pegiringan. Selain itu beliau juga ingin lebih dalam mengetahui tentang pengelolaan dan pemanfaatannya bagi desa,khususnya di desa Pegiringan, sehingga program-program SID di Pemalang, dapat diadopsi di desa-desa di wilayah Kabupaten Kendal.

Sementara itu Kepala desa Pegiringan Duhari Daya, dalam paparannya memaparkan secara detail tentang bagaimana penerapan SID di Pegiringan, mulai dari penerapan informasi dan profil serta potensi desa melalui website desa. Untuk pelayanan surat menyurat Duhari Daya lebih lanjut menjelaskan, bahwa pelayanan di Pegiringan menggunakan Sidekem dan layanan online terintegrasi disdukcapil dan TNDE. Duhari Daya menjelaskan lebih jauh tentang bagaimana mengelola anggaran terkait SID dan upaya-upaya pemberdayaan para relawan TIK di Pegiringan untuk bersama membangun desa.

Selain kepala desa Pegiringan, Admin website desa juga mendemontrasikan bagaimana pengelolaan website yang terintegrasi dengan SID desa. Rombongan terlihat antusias melakukan kunjungan, pada sesi tanya jawab peserta sangat antusias  bertanya untuk mengetahui lebih jauh apa itu Sidekem, bagaimana pemanfaatannya serta penggunaan website desa untuk menunjang SID didesa. Kunjungan sehari ini diakhiri dengan berbagi pengalaman dan informasi serta  kiat-kiat dari kepala desa dan admindesa seputar pemanfataan SID desa . (Admin)