Lomba Evaluasi Bayi Sehat Kecamatan, M.Aulian Adnan Fikri Raih Juara 1 Balita Sehat

Jum’at (23/3/2018), telah dilaksanakan lomba Evaluasi balita sehat Indonesia tingkat Kecamatan Bantarbolang, yang dihadiri  jajaran tim penggerak PKK kecamatan, puskesmas dan kader Posyandu desa se kecamatan Bantarbolang, bertempat dipendopo kecamatan Bantarbolang.  EBS ini terselenggara berkat kerja sama antara pemerintah kecamatan bantarbolang, Puskesmas Bantarbolang dan kader Posyandu se Bantarbolang. Penilaian balita dalam EBS ini meliputi : Status Gizi, Status Anak, Status Imunisasi, Status Ibu, Status Ayah, Status/ Pemeriksaan Kesehatan, Status Pemeriksaan Gigi dan Mulut dan Skala Perkembangan Balita.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB, balita, ibu balita serta kader posyandu berbondong-bondong ke pendopo kantor kecamatan. Berkat komitmen bersama panitia EBS, pemenang EBS ini langsung dapat diumumkan pada hari itu juga. Pengumuman EBS ini dihadiri oleh Ibu Ketua TP. PKK Kecamatan Bantarbolang yang sebelumnya memberikan sambutan berisi apresiasi yang sebesar-besarnya untuk jajaran Puskesmas Bantarbolang dan kader posyandu desa yang telah melaksanakan EBS Tahun 2018.

EBS ini dilaksanakan berdasarkan survey kebutuhan masyarakat tentang program-program puskesmas melalui forum pembinaan kader tingkat desa. Peserta yang mengikuti kegiatan adalah balita perwakilan masing-masing desa sekecamatan Bantarbolang. Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, M.aulian adnan fikri usia 1,5 tahun putra dari ibu Diah Anistia – Aji Gemilang warga RT. 06 RW. 05 desa Pegiringan terpilih sebagai juara 1. Ketua tim pembina PKK desa Pegiringan, Karisah sangat mengapresiasi hasil lomba, dimana warga Pegiringan tampil sebagai juara, terima kasih pada kader-kader posyandu desa Pegiringan yang telah berpartisipasi dan terus membantu warga dalam bidang kesehatan balita di Pegiringan, tuturnya melalui pesan WhatsApp.

Lomba ini adalah tahap awal untuk mencari Balita sehat yang nantinya akan dilombakan kembali ke tingkat yang lebih tinggi. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan kemandirian orang tua dan masyarakat dalam membina tumbuh kembang Balita dari segi fisik, mental dan sosial secara optimal, serta meningkatkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif stakholder dan masyarakat dalam pembinaan dan pengembangan kesehatan dan kesejahteraan Balita di Kecamatan Bantarbolang. Agar anak usia dini tumbuh dan berkembang secara optimal maka pemenuhan gizi, perawatan dan pelayanan kesehatan, kasih sayang, perlindungan, stimulasi, penghargaan, dan penegakan norma-norma sosial dan agama (Asah, Asih, Asuh) harus diselenggarakan sedini mungkin. (bu Isti)

Author: AdminDesa
Pegiringan adalah desa di kecamatan Bantarbolang, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Pegiringan salah satu desa di kecamatan Bantarbolang yang mempunyai bahasa yang khas di banding daerah lain di Pemalang, yaitu pengucapan vokal akhir (a) dibaca dengan (e) seperti pada kata belah.