Lomba Website Desa Bukan Akhir Perjuangan Melainkan Awal Perubahan

Media Informasi Warga

Lomba Website Desa Bukan Akhir Perjuangan Melainkan Awal Perubahan

13 Januari 2017 Opini 0

Tulisan ini kami dedikasikan untuk sahabat-sahabat Admin Desa dan relawan TIK Desa, tetaplah semangat, yakinlah apa yang kita lakukan sekarang adalah ladang Ibadah untuk kita semua.

[wpsr_socialbts][wpsr_facebook]

Mengacu pada Tugas fungsi dan kewajiban Desa sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Desa di satu sisi, serta perkembangan TIK khususnya internet disisi yang lain, maka membangun website Desa merupakan langkah strategis untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui sistem menejemen penyelenggaraan pemerintahan desa yang efisien dan transparan sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang Desa.

Penyelenggaraan pemerintahan desa dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (Pengelolaan Website) akan menciptakan suatu sistem informasi dan komunikasi berbasiskan teknologi informasi. Website Desa dapat menjadi wahana pertanggungjawaban pemerintah desa atas penyelenggaraan pemerintahan, sehingga akan tercipta pemerintahan yang mandiri, transparan dan akuntabel. Dalam kaitan dengan berlakunya UU KIP Website Desa merupakan wujud nyata dari implementasi pengelolaan informasi dan sarana interaksi dengan warga desa, mendorong partisipasi masyarakat dan memungkinkan terjadinya transaksi, kolaborasi dan transformasi IPTEK sehingga akan mengurangi kesenjangan digital dan mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

Dengan website desa diharapkan dapat memberikan gambaran tentang desa dan potensinya serta sebagai sarana akuntabilitas kinerja perangkat desa. Website desa juga sangat berperan dalam penyampaian informasi yang lebih mudah dan cepat di akses oleh masyarakat dan juga merupakan media yang sangat tepat untuk mengenalkan kepada masyarakat luas tentang berbagai potensi yang dimiliki desa.
Lomba Website Desa yang diselenggarakan oleh PUSPINDES Pemalang, ini menjadi momentum yang tepat sebagai penyemangat dan pemacu kesadaran desa tentang bagaimana pentingnya informasi publik di era teknologi sekarang ini. Lomba website desa yang diikuti oleh seluruh desa di Kabupaten Pemalang ini, juga sebagai transformasi awal sebuah perubahan bagi desa-desa di Kabupaten Pemalang.

Lomba website desa oleh Puspindes ini telah sampai pada tahapan penilaian akhir yang rencananya akan diumumkan 3 website desa terbaik, oleh tim Juri pada Tanggal 21 Januari 2017. Juara merupakan sebuah kebanggaan, namun juga bukan sebagai tujuan akhir. Penghargaan atas kesadaran sebuah perwujudan dalam mewujudkan Visi besar Pemalang Hebat akan lebih berarti dan membawa manfaat bagi desa dan masyarakat dan negara.

Kita tidak tahu berapa banyak orang yang berarti dalam hidup kita, sampai saat kita sadar bahwa kita merindukan kehadiran mereka. Apa yang kita lakukan sekarang ini, adalah untuk generasi emas kita sendiri. Kebahagiaan paling besar adalah mengubah rasa itu menjadi action. “The greatest happiness is to transform one’s feelings into action.” Hanya dengan Action akan terwujud Pemalang hebat, Pemalang Pusere Jawa. (Admin)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *