Mari Sukseskan 4 Agenda Kegiatan Desa Pegiringan

Minggu ini pemerintah dan masyarakat desa Pegiringan akan menyelenggarakan beberapa kegiatan besar yang melibatkan banyak orang se wilayah Kabupaten Pemalang. Empat kegiatan tersebut, yaitu :

  1. Kegiatan Haul Umum Ulama dan Tokoh Masyarakat desa di komplek pemakaman umum desa Pegiringan.
  2. Deklarasi ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan
  3. Peringatan Hari Cuci Tangan se Dunia
  4. Pencanangan Desa Sehat

Untuk mensukseskan kegiatan tersebut, Selasa, 10 Oktober 2017 Pemerintah Desa mengadakan pertemuan bersama pengurus RT dan segenap masyarakat. Agenda dalam pertemuan tersebut adalah sebagai persiapan untuk mensukseskan kegiatan-kegiatan diatas.

  1. Kegiatan Haul Umum Ulama dan Tokoh Masyarakat desa di komplek pemakaman umum desa Pegiringan.

Agenda tahunan ini akan dilaksanakan pada Minggu, 15 Oktober 2017 di komplek pemakaman umum desa Pegiringan. Acara Haul dan pengajian akan dimulai pada Sabtu malam dengan acara Tahlil akbar dan Minggu pagi pengajian umum.

  1. Deklarasi ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan.
  2. Peringatan Hari Cuci Tangan seDunia
  3. Pencanangan Desa Sehat.

Ketiga acara tersebut akan dilaksanakan Senin, 16 Oktober 2017 dipusatkan dilapangan desa Pegiringan. Acara deklarasi ODF dan lainnya aakn dihadiri oleh Bupati Pemalang, Muspida, Muspika, serta Kepala desa dan lurah se Kabupaten Pemalang.

Deklarasi ODF (Open Defecation Free )

ini sebagai momen untuk masyarakat agar mencintai kebersihan dengan tidak melakukan buang air besar sembarangan. Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan.

Hari Cuci Tangan Sedunia

adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Pengumuman penunjukkan Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia pada 15 Oktober dilakukan pada Pertemuan Tahunan Air Sedunia (Annual World Water Week) yang berlangsung pada 17-23 Agustus, 2008 di Stockholm seiring dengan penunjukkan tahun 2008 sebagai Tahun Internasional Sanitasi oleh Rapat Umum PBB. Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia diharapkan akan memperbaiki praktik-praktik kesehatan pada umumnya dan perilaku sehat pada khususnya.

Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun sedunia adalah upaya memobilisasi jutaan orang diseluruh dunia untuk mencuci tangan mereka dengan sabun. Inisyatif ini dikumandangkan oleh PPWH, Kemitraan Swasta dan Publik untuk Cuci Tangan (Public Private Partnership for Handwshing) dan didukung oleh PBB.

Pencanangan Desa Sehat

Kesehatan lahir dan batin bukanlah semata-mata tanggungjawab pemerintah namun merupakan tanggungjawab bersama. Dengan demikian, masyarakat diharapkan dapat semakin peduli jika salah satu warga masyarakat mengalami sakit. Pencanangan Desa Sehat . Melalui pencanangan ini juga diharapkan kita semua mampu menjaga lingkungan agar tetap sehat serta mengupayakan agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, adil dan merata. Manfaat yang diharapkan setelah dilakukan pencangan desa siaga sehat jiwa ini, diharapkan semua lapisan masyarakat memahami bahwa permasalahan kesehatan jiwa menjadi tanggung jawab bersama dan semakin menyadari peran serta tugas masing-masing.

Mari sambut dan sukseskan 4 agenda acara besar di desa Pegiringan, kita sambut bersama dan kita sukseskan bersama. (admin)

Author: AdminDesa
Pegiringan adalah desa di kecamatan Bantarbolang, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Pegiringan salah satu desa di kecamatan Bantarbolang yang mempunyai bahasa yang khas di banding daerah lain di Pemalang, yaitu pengucapan vokal akhir (a) dibaca dengan (e) seperti pada kata belah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *