Masyarakat Pegiringan Antusias Ikuti Internet Keliling Puspindes

Di era globalisasi seperti sekarang ini, Internet memang seperti menjadi sarana penting seperti penyebaran dan pencarian informasi, bersosialisasi dengan orang banyak, bahkan bisa dipergunakan juga untuk menunjang pembangunan di desa. Pusat pemberdayaan masyarakat desa (PUSPINDES) melakukan terobosan pemberdayaan TIK dengan tujuan akhir penggunaan Sistem Informasi Desa di 211 Desa, pola dari tujuan akhir SID akan langsung diarahkan pada konsep prioritas potensi desa. Salah satu upaya guna mewujudkan tujuan tersebut, PUSPINDES melakukan desiminasi program Internet Desa Keliling.

Salah satu tujuan prioritas program Internet Desa Keliling adalah meningkatkan kemampuan desa sesuai dengan potensinya, dengan menggunakan dan menerapkan Pengetahuan Teknologi Komputer yang dikembangkan oleh tim Program PUSPINDES. Teknologi komputer yang merupakan bagian dari TIK Desa, sehingga dengan TIK Desa  akan memberikan dampak yang nyata dalam pembangunan potensi desa. Program Internet Desa Keliling ini merupakan kelanjutan dari Program Desa PINTAR sebelumnya, yaitu membantu desa didalam penerapan dan pelaksanaan Sistem Informasi Desa sesuai Undang Undang Desa. 

Minggu, 17 Desember 2017 program Internet desa keliling ada di desa Pegiringan. Kegiatan ini diikuti oleh forum KPMD kecamatan Bantarbolang, perangkat desa, lembaga desa, pemuda dan masyarakat Pegiringan. Berbagai materi disampaikan,antara lain sejarah perkembangan digital internet, bermedia sosial yang baik, dan sistem informasi desa. Kepala desa Pegiringan saat membuka acara menyampaikan bahwa program Internet Desa Keliling adalah wahana bagi orang desa untuk belajar dan menimba ilmu. Orang desa harus semangat mengambil kesempatan ini, belajar TIK gratis. Kepala desa Pegiringan, Duhari Daya saat membuka acara mengajak pada pemuda dan masyarakat Pegiringan untuk bersama membangun desa dengan segala kemampuan, salah satunya dengan TIK. Orang desa harus pintar TIK, ucapnya.

Andri Johandri membuka whorkshop dengan materi big data, perkembangan internet dari beberapa generasi, Andri Johandri menjelaskan lebih detail tentang perkembangan dunia internet, dampak dan masalah yang dihadapi bagi generasi masa kini. Andri Johandri menambahkan bahwa program Internet Desa Keliling untuk membantu orang desa agar melek teknologi agar mampu mengolah dan mengelola potensi yang dimiliki desa sehingga perencanaan pembangunan desa lebih terarah sesuai dengan kemampuan dari desa itu sendiri. Selain itu program ini juga sebagai stimulan untuk membangkitkan kepedulian dan pemberdayaan pemuda dan masyarakat di desa, agar berdaya dan turut serta membangun desa dengan segala kemampuan, khususnya dengan TIK. (admin)

 

Author: AdminDesa
Pegiringan adalah desa di kecamatan Bantarbolang, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Pegiringan salah satu desa di kecamatan Bantarbolang yang mempunyai bahasa yang khas di banding daerah lain di Pemalang, yaitu pengucapan vokal akhir (a) dibaca dengan (e) seperti pada kata belah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *