Menjaga Tradisi Haul Umum Ulama dan Sesepuh Desa Pegiringan

Menjaga Tradisi Haul Umum Ulama dan Sesepuh Desa Pegiringan

7 Oktober 2018 Berita 0

Pemerintah Desa Pegiringan kecamatan Bantarbolang kabupaten Pemalang Minggu, 7 Oktober 2018 melaksanakan pengajian umum dalam rangka Haul umum ulama dan sesepuh desa Pegiringan. Acara yang mengambil bertema “Menjaga Tradisi, Merajut Hati” dipusatkan di area pemakaman umum desa Pegiringan sebagai perwujudan menghormati serta mendoakan para leluhur yang telah mendahului . Selain itu juga sebagai wujud persatuan , kesatuan antar warga masyarakat desa Pegiringan. Acara dihadiri oleh Muspika Bantarbolang, tokoh masyarakat, serta warga masyarakat Pegiringan.

Acara Haul umum ulama dan sesepuh desa Pegiringan yang diselenggarakan Pemerintah desa Pegiringan ini sudah kita laksanakan selama masa Pemerintahan kepala desa sekarang bapak Duhar Daya. Dulu warga mengadakan acara haul sendiri-sendiri . Namun karena banyak manfaatnya lalu kegiatan ini dijadikan menjadi satu waktu yaitu Minggu terakhir bulan Muharram “, semoga pada masa pemerintahan periode berikutnya tradisi haul ini akan tetap dipertahankan ujar Ketua panitia haul, Slamet Riyadi. Adapun beberapa sesepuh dan ulama yang dihauli antara lain :

  • Mbah Ya’Kub
  • Abdul Khamid bin H. Abdul Mana
  • Mbah Kaji Guru
  • Mbah Kyai Shobari
  • Mbah Kyai Abdul Ghofur
  • Mbah Kyai Sadrah
  • Mbah Kyai Jufri
  • Mbah Sambong
  • Mbah Dar
  • Mbah Saleh
  • Mbah Amin
  • Mbah Kasiban
  • Mbah Tardi Daskun
  • Mbah Warid

Selain mendoakan ulama, tokoh dan sesepuh desa Pegiringan, haul tersebut juga untuk mendoakan warga masyarakat Pegiringan yang telah meninggal dunia. Mengenai biaya pelaksanaan acara, selain dari donatur masyarakat desa Pegiringan. Pemerintah Desa Pegiringan juga memberi dana stimulant untuk kesuksesan acara hal dan pengajian.

Hal senada juga disampaikan ketua BPD desa Pegiringan, bapak Asrori. Beliau menyampaikan bahwa haul ini sebagai media silaturahim, mari persatuan dan kesatuan lebih kita utamakan dalam rangka memajukan desa Pegiringan. Mari menjaga tradisi haul ini bersama, ucap Asrori.

Sementara itu Kepala Desa Pegiringan dalam sambutannya mengajak warga masyarakat untuk senantiasa mengingat dan mendoakan serta menauladani para tokoh dan ulama Pegiringan. Duhari Daya berpesan agar warga senantiasa menjaga kerukunan dan kekompakan serta mendukung program pembangunan desa, Pelaksanaan Pilkades sudah selesai, pemimpin desa terpilih sudah diperoleh, tidak ada alasan apapun untuk tidak saling menghormati, menjaga silaturahim dan kebersamaan, perbedaan pilihan jangan sampai mengoyak persatuan dan kesatuan, mari saling menguatkan sehingga terwujud desa Pegiringan yang maju, aman dan tentram. Pada akhir sambutannya Duhari Daya menyampaikan permohonan maaf sebagai Kepala pemerintahan sampai pada akhir masa periode kepala desa, masyarakat telah guyub rukun mendukung program pemerintah, semoga dipemerintahan periode mendatang Pegiringan akan lebih maju dan sejahtera.

Rangkaian Haul yang dihadiri ribuan warga ini diawali dengan pembacaan maulid, dilanjutkan dengan Tahlil dan sebagai puncak acara dari haul umum dan sesepuh desa Pegiringan adalah ceramah agama oleh KH. Muhammad Akrom Hasani dari Tegal. *(admin)

Komentar

Komentar

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Read previous post:
Pemerintah Desa Pegiringan Bekerja Sama dengan PMI Selenggarakan Donor Darah Rutin

Kamis, 4 Oktober 2018 kegiatan donor darah rutin kerja sama Pemerintah desa Pegiringan kembali dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Pemalang di...

Musdes Penyusunan RKP Desa Tahun 2019

RKP Desa adalah kepanjangan dari Rencana Kerja Pemerintah Desa. RKP Desa adalah penjabaran dari RPJM Desa (Rencana Pembangunan Jangka Menengah...

Pembangunan Sebagai Wahana Ekspresi Kebijakan,Tidak Boleh Berhenti

Pada dasarnya belum ada desa yang dapat berdiri sendiri dalam memenuhi semua kebutuhan. Betapapun besarnya dana/pendapatan asli desa yang tersedia...

Close