Monev Pembangunan Desa Oleh Inspektorat Kabupaten Pemalang

Media Informasi Warga

Monev Pembangunan Desa Oleh Inspektorat Kabupaten Pemalang

21 Maret 2017 Berita 0

Dalam tata aturan pemerintahan kita kenal adanya lembaga Pengawasan Pembangunan, baik pengawasan Internal maupun Eksternal. Untuk tingkat kementrian kita kenal adanya Irjen (Inspektoratral Jendral), sebagai pengawas internal. Sedangkan pengawas eksternal adalah BPK dan BPKP. Sedang di Pemerintah Provinsi dan Kabupaten pengawasan internal dilakukan oleh Inspektorat Daerah yang merupakan unsur pengawas penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi), Inspektorat Daerah berkewajiban untuk memeriksa dan mengawasi penggunaan Dana Desa. Dalam menjalankan fungsi pengawasan jalannya pemerintahan Kabupaten Pemalang, Inspektorat Kabupaten Pemalang melaksanakan agenda pemeriksaan rutin ke desa-desa, tak terkecuali di wilayah Kecamatan Bantarbolang, Selasa 21 Maret 2017 Desa Pegiringan yang dikunjungi oleh Tim Pemeriksa dari Inspektorat, tim diterima oleh Kepala Desa beserta seluruh Perangkat Desa.

Dalam sambutannya tim Inspektorat (Irianto) menyampaikan bahwa pemeriksaan yang dilakukan oleh Inspektorat merupakan pemeriksaan reguler setiap tahun anggaran. Ada atau tidak laporan masyarakat mengenai pengelolaan dana desa, pemeriksaan dan pengawasan akan tetap dilakukan karena pemeriksaan rutin tersebut sekaligus dirangkaikan dengan pembinaan. Materi yang diperiksa meliputi semua dokumen penyelenggaraan pembangunan serta melakukan cek fisik ke lapangan hasil pembangunan desa Pegiringan tahun 2016.

Tim dari Inspektorat terdiri dari 3 petugas, dengan bidang pemeriksaan yang berbeda-beda. Kegiatan monev Inspektorat di desa Pegiringan diawali dengan Pemeriksaan dokumen desa, secara terperinci semua dokumen diperiksa. Setelah pemeriksaan dokumen selesai kegiatan dilakukan dengan kegiatan cek fisik langsung ke lapangan untuk melihat kesesuaian dokumen dengan fisik langsung, mulai dari RAB, ukuran dan lain sebagainya. Pemeriksaan didampingi langsung oleh Kepala Desa dan perangkat desa Pegiringan. Kepala Desa Pegiringan menyampaikan pemeriksaan berlangsung aman dan lancar, dari awal sampai cek fisik lapangan selesai dilakukan, karena sebelumnya Pegiringan juga sudah dimonev oleh tim dari TP4D.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *