Monitoring dan Evaluasi Gapoktan Oleh Dipertanhut Kabupaten Pemalang

Media Informasi Warga

Monitoring dan Evaluasi Gapoktan Oleh Dipertanhut Kabupaten Pemalang

23 Januari 2018 Berita 0

Gapoktan adalah kumpulan beberapa kelompok tani yang bergabung dan bekerjasama untuk meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usaha Salah satu tujuan gapoktan adalah meningkatkan kesejahteraan anggotanya secara keseluruhan tanpa kecuali yang terlibat dalam kepengurusan maupun hanya sebagai anggota, secara materiil maupun non material sesuai dengan kontribusi yang diberikan dalam rangka pengembangan Organisasi Gapoktan.

Gapoktan Desa Pegiringan diketuai oleh Bapak Basri, Gapoktan ini membawahi beberapa kelompok tani yang ada di desa Pegiringan. Selasa (23/01) gapoktan desa Pegiringan mendapat kunjungan sekaligus monitoring dari Dinas pertanian dan Kehutanan Kabupaten Pemalang. Pembinaan, Monitoring dan Evaluasi gapoktan desa Pegiringan yang bertempat di pendopo balaidesa Pegiringan dihadiri ketua dan pengurus gapoktan serta kepala desa dari desa Pegiringan.

Pembinaan, Monitoring dan Evaluasi tersebut dipandu oleh Tim dari Dinas pertanian dan Kehutanan Kabupaten Pemalang, Nurul Ashar dan Bp. Masqon (PP Madya pada KJF Dipertanhut Kabupaten Pemalang). Tujuan dari monev ini adalah untuk pemantauan mengenai tumbuh kembang program di gapoktan pengelola hingga pengelolaannya. Evaluasi adalah mempelajari kejadian, memberikan solusi untuk suatu masalah, rekomendasi yang harus dibuat, serta menyarankan perbaikan.

Nurul Ashar mengatakan Pembinaan pada pengurus gapoktan memang harus telaten, sabar dan pelan-pelan. Proses pembinaan, pengawalan dan pendampingan memakan waktu yang panjang , tidak bisa dalam kurun waktu cepat gapoktan menjadi baik. Sumber daya manusia yang sangat heterogen menjadi kendala tersendiri dalam memajukan Gapoktan, ucapnya

Sementara itu Kepala Desa Pegiringan, menyampaikan bahwa Gapoktan adalah rumahnya petani, Gapoktan harus mengakomodir semua kepentingan petani, tanpa terkecuali. Duhari Daya menyampaikan bahwa kedepannya Gapoktan harus lebih baik lagi, membenahi segala kekurangan baik pengelolaan organisasi serta tata administrasi Gapoktan, sehingga kepercayaan petani terhadap Gapoktan akan lebih kuat, sehingga Gapoktan akan dapat meningkatkakn kesejahteraan petani. (AdminDesa)