Monitoring Sidekem dan Website Desa Oleh Puspindes

Media Informasi Warga

Monitoring Sidekem dan Website Desa Oleh Puspindes

15 Februari 2017 Berita 0

Aplikasi Sistem Informasi Desa Pemalang (Sidekem) yang di buat oleh relawan dari Pusat Informasi Desa (PUSPINDES) yang mengelola informasi, baik itu informasi keuangan, kependudukan, pendidikan dll. sesuai dengan UU Desa untuk semua desa yang ada di Pemalang dan di tampilkan secara Spasial (berbasis peta). Sidekem secara resmi di launching oleh Bupati Pemalang pada tanggal 21 Januari 2017 oleh Bupati Pemalang Junaedi di Pendopo Kabupaten Pemalang.

Selasa, 14 Februari 2017, Tim dari Puspindes melakukan kunjungan/monitoring langsung ke desa-desa di wilayah Kecamatan Bantarbolang, salah satu desa yang dikunjungi adalah Desa Pegiringan. Kunjungan tersebut merupakan langkah tindak lanjut dari Puspindes guna melihat sejauh mana pemanfaatan Sidekem dan website desa di desa-desa di Kabupaten Pemalang. Dalam kunjungannya ke Pegiringan, tim dari Puspindes diwakili oleh mas Gatot dan tim yang lainnya, melihat langsung bagaimana desa memanfaatkan Sidekem, serta melihat data-data yang telah dientri ke aplikasi Sidekem. Menurut Gatot Puspindes, data-data yang sudah dientrikan nantinya akan diintegrasikan langsung dengan Sidekem versi yang terbaru dan website desa. Selain itu tim dari Puspindes juga meminta dokumen template surat administrasi Desa untuk bahan template pada surat-menyurat di aplikasi Sidekem.

Sementara itu Kepala Desa Pegiringan, Duhari Daya saat mendampingi kunjungan dari tim Puspindes, mengatakan bahwa Desa Pegiringan sudah lama menggunakan aplikasi kependudukan, sebelum adanya Sidekem. Aplikasi yang digunakan di Pegiringan adalah Simkades, kedepannya setelah semua data administrasi kependudukan selesai dientrikan semua, database Simkadesa akan dipindah/diintegrasikan dengan Sidekem, sehingga kedepannya Sidekem menjadi aplikasi pokok yang digunakan di desa Pegiringan. Beliau juga berharap Puspindes bisa membantu proses pengintegrasian database tersebut, agar Sidekem bisa digunakan lebih cepat. (AdminDesa)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *