Musdes Ke-2 Penetapan AD/ART Bumdes “Semesta Utama” Desa Pegiringan

BPD bersama Pemerintah Desa Pegiringan Kecamatan Bantarbolang menggelar Musyawarah Desa (Musdes ke-2) BUMDES, Senin (25/9). Musdes ke-2 dilakukan di Balai Desa Pegiringan dihadiri sekitar 60 orang yang terdiri dari perangkat desa, BPD, kepala dusun, ketua RT, RW, KPMD, LPMD, Karang Taruna, tokoh pemuda dan masyarakat serta kelompok perempuan.

Salah satu agenda yang dibahas pada Musdes ke-2 ini adalah penetapan AD/ART Bumdes “Semesta Utama” Desa Pegiringan. Bumdes “Semesta Utama” telah disepakati pembentukannya pada 10 Nopember 2016 dengan melalui proses panjang dengan tahapan-tahapan :

  1. Sosialisasi BUMDES kepada Masyarakat
  2. Pembentukan Tim Persiapan Pembentukan BUMDES (SK Kepala Desa)
  3. Rapat Pemetaan Potensi dan Pemilihan Usaha
  4. Sosialisasi Pemetaan Potensi dan Pemilihan Usaha pada Masyarakat
  5. Penyusunan AD/ART dan Raperdes
  6. Sosialisasi Draft AD/ART dan Raperdes
  7. Persiapan Pelaksanaan MUSDES
  8. MUSDES Pembentukan BUMDES

Ada dua jenis usaha yang telah disepakati dalam Musdes sebelumnya yaitu unit usaha jasa simpan pinjam dan unit usaha pertambangan. Kepala desa Pegiringan Duhari Daya dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Pendirian BUMDes sebagaimana disebut dalam Permendesa PDTT No. 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa, memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan perekonomian Desa;
  2. Mengoptimalkan aset Desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan Desa;
  3. Meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomiDesa;
  4. Mengembangkan rencana kerja sama usaha antar desa dan/atau dengan pihak ketiga;
  5. Menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga;
  6. Membuka lapangan kerja;
  7. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Desa; dan
  8. Meningkatkan pendapatan masyarakat Desa dan Pendapatan Asli Desa.

Untuk mencapai tujuan diatas tentunya BUMDES harus dikelola dengan baik, untuk unit usaha yang sudah disepakati, Duhari Daya berharap agar benar-benar dikelola dengan baik, karena Pegiringan sangat berpotensi, khususnya dalam bidang pertambangan.

Sementara itu Ali Ma’sum, selaku pendamping desa di wilayah Kecamatan Bantarbolang dalam pengantar musdes menyampaikan bahwa Musdes ke-2 ini untuk menetapkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Bumdes dan selanjutnya, jika memang pengelola sudah siap agar segera ditetapkan sehingga Bumdes dapat segera dijalankan sesuai mekanisme. Ali Ma’sum menegaskan mengingat permodalan Bumdes yang cukup besar, maka perlu tenaga-tenaga profesional untuk mengelolanya. Ali Ma’sum berharap berharap kepada Pengurus BUMDes nantinya untuk bekerja sesuai dengan fungsi dan tugasnya agar cita-cita pendirian BUMDes “Semesta Utama” yaitu meningkatkan kesejahteraan warganya bisa tercapai.

Ketua BPD didampingi Sekretaris Desa mempimpin jalannya musdes, draf AD/ART yang akan ditetapkan dibacakan secara detail oleh Sekretaris desa. Musdes berjalan dengan lancar, selain penetapan AD/ART dalam musdes tersebut juga disepakati juga pengurus Bumdes ‘Semesta Utama”. Musyawarah Desa diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Penetapan Pengurus dan AD/ART BUMDes “Semesta Utama” Desa Pegiringan. (admin)

Author: AdminDesa
Pegiringan adalah desa di kecamatan Bantarbolang, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Pegiringan salah satu desa di kecamatan Bantarbolang yang mempunyai bahasa yang khas di banding daerah lain di Pemalang, yaitu pengucapan vokal akhir (a) dibaca dengan (e) seperti pada kata belah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *