Muspika dan Paguyuban Kades “Sibolang”, Jum’at Bersih Bersama Wujudkan Ruang Terbuka Hijau di Bantarbolang

Media Informasi Warga

Muspika dan Paguyuban Kades “Sibolang”, Jum’at Bersih Bersama Wujudkan Ruang Terbuka Hijau di Bantarbolang

14 Juli 2017 Berita 0

Pembangunan kota sering lebih banyak dicerminkan oleh adanya perkembangan fisik kota berupa sarana dan prasarana. Lahan-lahan pertanian yang subur, ruang terbuka hijau banyak dialihfungsikan menjadi pertokoan, permukiman, tempat rekreasi, industri dan lain-lain, sehingga lingkungan terganggu. Oleh karena terganggunya kestabilan ekosistem perkotaan, maka alam menunjukkan reaksinya yang negatif berupa: meningkatnya suhu udara di perkotaan, banjir/genangan, meningkatnya kebisingan, penurunan permukaan air tanah, pencemaran air, pencemaran udara dan sebagainya. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang timbul akibat pembangunan kota adalah dengan adanya keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Ruang Terbuka Hijau (RTH) kota adalah bagian dari ruang-ruang terbuka (open spaces) suatu wilayah perkotaan yang diisi oleh tumbuhan, tanaman, dan vegetasi (endemik, introduksi) guna mendukung manfaat langsung dan/atau tidak langsung yang dihasilkan oleh RTH dalam kota tersebut yaitu keamanan, kenyamanan, kesejahteraan, dan keindahan wilayah perkotaan tersebut (Sumarmi, 2006).

Dalam rangka mewujudkan ruang terbuka hijau diwilayah Kecamatan Bantarbolang, Jum’at, 14 Juli 2017 Muspika Kecamatan Bantarbolang bersama paguyuban kepala desa “Sibolang” dan masyarakat, melaksanakan kegiatan Jum’at bersih membersihkan dan menyiapkan lahan ruang terbuka hijau. Daerah yang akan dijadikan are RTH di kecamatan Bantarbolang, adalah area milik perhutani, tepatnya di sebelah utara kantor kecamatan Bantarbolang. Camat Bantarbolang, Kapolsek dan Danramil langsung turun memimpin kegiatan jum’at bersih tersebut.

Ketua paguyuban kades ‘Sibolang” melalui pesan Whatsapp mengatakan bahwa Ruang terbuka hijau yang digagas oleh Pak Camat Bantarbolang, Drs. Sukisman, MA. mendapat dukungan dari semua Kepala Desa se kecamatan Bantarbolang yg tergabung dalam Paguyuban SIBOLANG, sehingga hari ini agar cepat terealisasi, seluruh jajaran Kepala Desa beserta perwakilan perangkat dan masyarakat bersama-sama melakukan kerja bhakti. Tidak semua perangkat ikut, karena harus tetap melayani pelayanan di kantor desa, begitu pesan WhatsApp ketua “Sibolang”.

Perwujudan ruang terbuka hijau di wilayah Kecamatan Bantarbolang, yang akan dibangun berlokasi di pinggir jalan utama kecamatan sekaligus jalur provinsi, nantinya akan menjadi  tempat nyaman, rest area untuk beristirahat dan bermain dengan suasana alam hutan yang masih alami serta bisa digunakan untuk kegiatan lainnya, semoga ceat terwujud RTH di Bantarbolang (admin)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *