Musrenbangcam Tahun 2018 Kecamatan Bantarbolang

Media Informasi Warga

Musrenbangcam Tahun 2018 Kecamatan Bantarbolang

7 Februari 2018 Berita 0

Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (MUSRENBANGCAM) merupakan  forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan Desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten di wilayah Kecamatan. Musyawarah ini juga  menjadi dasar penyusunan rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah. Demikian Camat Bantarbolang, Abdul Rachman, M.Si. mengatakan, dalam sambutannya pada Kegiatan Musrenbangcam di pendopo Kecamatan Bantarbolang (Selasa, 07/02/2018). Musrenbangcam diikuti oleh delegasi dari 17 desa di Kecamatan, masing-masing desa mengirimkan 5 delegasinya.

Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan musrenbang tahun 2018 menurut Abdul Rachman, untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kerja kegiatan pembangunan desa yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan diwilayah kecamatan juga membahas dan menyepakati kegiatan prioritas diwilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas pembangunan desa. Selain itu dalam Musrenbangcam, juga menyepakati Tim Delegasi Kecamatan untuk mengikuti forum SKPD/Gabungan SKPD dan musrenbang RKPD Kabupaten.

Hasil yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Murenbangcam yakni tersusunnya rekapitulasi usulan kegiatan desa berdasarkan bidang dan kegiatan, ditetapkannya usulan prioritas hasil musrenbangdes berdasarkan kriteria layak dan rencana pembiayaan serta dibahas dan disepakatinya daftar peringkat usulan prioritas berdasarkan bidang dan kegiatan untuk perencanaan pembangunan tahun anggaran 2018

Desa Pegiringan pada Musrenbangcam tahun ini mengirimkan 5 delegasinya, yaitu dari unsur Pemerintah desa, BPD, LPMD, Pemuda dan nsur keterwakilan perempuan. Duhari Daya mengatakan bahwa pada Musrenbangcam 2018 desa Pegiringan membawa 2 usulan fisik dan non fisik, salah satu usulan fisik yang menjadi prioritas adalah pembangunan bronjong RW. 02, dimana kondisi tebing yang rawan longsor dan jarak tebing dengan rumah warga sdah semakin dekat, akibat dari abrasi sungai. Selanjutnya Duhari Daya menambahkan, usulan tersebut akan diperjuangkan, mohoan do’a dan dukungannya kepada seluruh masyarakat Pegiriringan, agar usulan tersebut dapat diterima pada forum Musrenbangcam, imbuhnya. (Admin)

.