Musrenbangdes RKPDes Tahun 2019 Desa Pegiringan

Musrenbangdes RKPDes Tahun 2019 Desa Pegiringan

17 Desember 2018 Berita 0

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 66 tahun 2007, Rencana Kerja Pembangunan Desa yang selanjutnya disingkat (RKP-Desa) adalah dokumen perencanaan untuk periode 1 (satu) tahun dan merupakan penjabaran dari RPJM-Desa yang memuat rancangan kerangka ekonomi desa, dengan mempertimbangkan kerangka pendanaan yang dimutahirkan, program prioritas pembangunan desa, rencana kerja dan pendanaan serta prakiraan maju, baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah desa maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat dengan mengacu kepada Rencana Kerja Pemerintah Daerah dan RPJM-Desa.

Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbang Desa dilaksanakan dengan mengacu pada RPJM Desa.

Senin, 17 Desember 2018 bertempat di Balai Desa Pegiringan pelaksanaan Musrenbangdes Tahun 2018 diselenggarakan untuk Kegiatan Pembangunan Tahun 2019 dan Perencanaan Kegiatan Tahun 2019 yang dihadiri berbagai elemen dan unsur masyarakat baik dari BPD, RT, RW,lembaga Desa, tokoh masyarakat serta unsur lain yang terkait di Desa, serta dihadiri pula oleh tim fasilitasi dari Kecamatan dan pendamping desa. Musrenbangdes dilaksanakan guna menampung usulan masyarakat akan pembangunan di lingkungannya masing masing agar di usulkan dan kemudian di tentukan mana saja yang menjadi skala prioritas pembangunan Desa.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2018 untuk penyusunan RKPDes Tahun 2019. Musrenbangdes yang sebelumnya sudah di proses melalui Musyawarah Dusun (MUSDUS) yang menampung usulan-usulan program kerja dari masing-masing wilayah RT/RW. Hasil dari Musdus di rumus oleh Tim Perumus atau Tim 11 (sebelas). Penyusunan RKPDes 2019 dalam hal ini untuk anggota tim perumus sejumlah 11 orang. Tim 11 merumuskan kegiatan yang sudah diusulkan dalam Musdus untuk di bawa dalam penyusunan RKPdesa Tahun 2019.

Kepala Desa Pegiringan, Duhari Daya “mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kerjasamanya kepada seluruh peserta musyawarah yang telah menyempatkan waktunya untuk bisa mengikuti Musrenbangdes RKPDesa Tahun 2019. “Usulan yang sudah disampaikan langsung dirumus oleh tim perumus yang namanya Tim 11 (sebelas) atau tim ganjil, untuk di buat Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) untuk tahun 2019. Semoga usulan-usulan yang sudah disampaikan oleh masing-masing yang mempunyai kepentingan, semoga bisa tercapainya Desa Pegiringan yang maju” jelasnya.

Hasil Musrenbandes RKPDes tahun 2019 yang selanjutnya dituangkan dalam berita acara Musrenbangdes RKPDes tahun 2019 selajutnya dibuatkan Peraturan Desa Pegiringan tentang Rencana Kerja Pemerintahan Desa Tahun 2019 yang disahkan antara Pemerintahan Desa dan BPD Desa Pegiringan. Untuk dijadikan RKPDes tahun 2019. Rencana Kerja Pemerintahan Desa Tahun 2019 apabila sudah disahkan, selanjutnya Pemerintahan Desa merumuskan untuk Rancangan APBDes tahun 2019. RKPDesa tahun 2019 sebagai alur pembuatan APBDes tahun 2019. *(Slamet Riyadi)

Komentar

Komentar

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Read previous post:
Bursa Inovasi Desa Kabupaten Pemalang Tahun 2018

Selasa, 27 Nopember 2018  Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa menggelar kegiatan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Pemalang tahun...

Pegiringan Raih Juara 2 dan Pavorit Lomba Media Informasi Desa Tahun 2018

Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa (UU Desa) mengamanatkan pengembangan sistem informasi desa (SID) demi membuka akses informasi dari...

Musyawarah Desa Penetapan Anggota BPD Desa Pegiringan Tahun 2018-2024

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam sistem pemerintahan desa sekarang ini menempati posisi yang sangat penting. Tapi sebenarnya, apa saja tugas...

Close