Optimalisasi Website dan SID Desa Oleh Dinpermades Pemalang

Media Informasi Warga

Optimalisasi Website dan SID Desa Oleh Dinpermades Pemalang

15 Maret 2018 Berita 0

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Dinpermades) Kabupaten Pemalang mengadakan  besama Puspindes Pemalang Pelatihan Pengelolaan Website Desa dan sistem informaasi desa Sidekem versi web  di Pendopo balai desa Pegiringan, Kamis 15 Maret 2018. Pelatihan ini diikuti oleh admin website desa dan pengelola SID desa dari 17 Desa sekecamatan Bantarbolang.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 10.00 WIB Acara dibuka oleh Indarto Kasi PID DINPERMASDES Kabupaten Pemalang. Dalam sambutannya, Indarto menyampaikan Pelatihan Pengelolaan Website dan SID Desa ini bertujuan untuk mempersiapkan dan memberi bekal kepada pengelola website dan SID desa, agar lebih menguasai website dan SID desa serta uptodate. Indarto, menambahkan bahwa ditahun 2018 ini, Dinpermades akan kembali menyelenggarakan lomba website desa, untuk itu masing-masing desa harus mempersiapkan diri.

Selanjutnya penyampaian materi disampaikan oleh TIM Puspindes yaitu Faur Rasid, dkk. Faur memaparkan materi tentang Sidekem versi web sebagai aplikasi pelayanan dasar desa dan sumber data informasi desa. Peserta diajarkan tata cara untuk mengisi konten dan membuat grafik chart data kependudukan untuk dipublikasikan dan cara menggugah ke website desa . Peserta tampak antusias dalam mengikuti pelatihan ini.

Dalam kegiatan ini admin website desa dilatih agar lebih inovatif dalam mengelola website desa sebagai Sarana Informasi Desa (SID). Selain pengelolaan website desa dan SID desa, masing-masing desa juga didorong untuk migrasi domain desa dari domain desakupemalang.id ke domain resmi desa.id. Untuk membantu proses migrasi domain, dalam pelatihan ini peserta juga diberikan materi bagaimana mendaftar domain resmi desa.id.  Dengan adanya pelatihan ini tentu sangat bermanfaat bagi Desa terutama warga, sehingga pemanfaat website dan SD desa dapat benar-benar dimanfaatkan secara maksimal, sehingga dapat mempermudah warga mengakses informasi yang ada di Desa. (AdminDesa)