Pelatihan Jurnalis Desa Bagi Aparat Desa Pilot Project Provinsi Jawa Tengah

Majunya sebuah negara bukan hanya dilihat  dari kemajuan perekonomiannya saja, tetapi bisa juga dilihat dari kualitas Sumber Daya Manusianya. Membangun sebuah negara harus disertai dengan sebuah kecintaan pada negaranya. Kemajuan desa juga bisa dijadikan sebagai tolak ukur kemajuan sebuah negara. Masyarakat desa sebagai tataran kasta terendah dalam sebuah negara, turut serta menentukan majunya sebuah negara. Salah satu komitmen presiden Jokowi adalah membangun Indonesia dari pinggiran, yaitu desa.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berkomitmen membangun daerah dengan memanfaatkan informasi dan teknologi. Wujud keseriusan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam pemanfaatan informasi dan teknologi, salah satunya adalah pemanfaatan media social sebagai sarana informasi publik, dari tingkat provinsi, kabupaten/kota bahkan sampai tingkat terbawah yaitu desa. Lebih dari itu pada tahun ini, pemerintah provinsi juga aktif membangun sistem informasi desa bagi desa-desa di Jawa Tengah, dengan program desa pilot project SID. Salah satu dari desa pilot project di Kabupaten Pemalang adalah desa Pegiringan.

Sistem informasi desa, adalah bagian penting dari proses memajukan desa. Salah satu unsur dalam SID desa adalah Jurnalisme desa. Dengan jurnalisme desa, warga berkesempatan mengenal desa serta membangun informasi untuk kemajuan desanya. UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa dan Perkembangan teknologi komunikasi menjadi  faktor penting munculnya jurnalisme desa.

Selasa, 14/08/2018 Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Pelatihan Jurnalis Desa bagi Aparat Kabupaten dan Desa Pilot Project di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018, bertempat di Hotel Neo Candi Semarang. Pelatihan ini adalah tindak lanjut dari pelatihan SID sebelumnya, yaitu Pengembangan Sistem Informasi Desa (SID). Pelatihan jurnalisme desa sebagai salah satu pondasi membangun Sumber Daya manusia agar bisa memberikan Informasi yang benar dan dapat dipertanggunjawabkan keabsahannya, dengan konsep faktual jurnalistik.

Pelatihan diikuti oleh aparat kabupaten dan  desa pilot project se provinsi Jawa Tengah. Narasumber dalam pelatihan tersebut adalah praktisi media, Diskominfo serta relawan TIK Provinsi Jawa Tengah. Pelatihan ini untuk mendorong prakarsa, gerakan, dan partisipasi masyarakat untuk pengembangan potensi desa guna kesejahteraan masyarakat. Terwujudnya Pemerintahan Desa yang profesional, efisien dan efektif, terbuka, serta bertanggung jawab mampu memberikan pelayanan publik bagi warga masyarakat Desa  untuk mempercepat perwujudan kesejahteraan umum, sesuai dengan tujuan jurnalisme, yaitu menyediakan informasi yang dibutuhkan warga agar bisa hidup merdeka dan mengatur diri sendiri. *(admin)

Categories: