Pelatihan Online Monitoring Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM SPAN)

Pelatihan Online Monitoring Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM SPAN)

6 September 2018 Berita 0

Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara adalah sebuah sistem yang dirancang dengan mengintegrasikan proses penganggaran, pelaksanaan dan pelaporan keuangan Negara sehingga diperoleh laporan keuangan akurat yang melalui proses akuntabel dan transparan. SPAN direncanakan akan menggantikan seluruh sistem yang digunakan untuk mendukung pengelolaan Keuangan Negara dalam lingkup Ditjen Perbendaharaan dan Ditjen Anggaran. Namun demikian, Satker yang terkait erat dengan proses pengelolaan keuangan tersebut tidak termasuk dalam ruang lingkup pekerjaan pengembangan SPAN. Oleh karena itu, untuk mendukung keberhasilan SPAN, penyederhanaan proses dan pengembangan Sistem Aplikasi Satker menjadi begitu penting. 

SPAN adalah sistem aplikasi yang ada di lingkungan Kemenkeu dan untuk mendukung otomatisasi sistem dari pengguna anggaran yang ada di setiap Kementerian Negara/Lembaga. SPAN mengembangkan konsep database yang terintegrasi dengan otomatisasi proses bisnis untuk meminimalisir kesalahan input manual SPAN terbagi menjadi enam modul, yaitu: Modul Manajemen DIPA (Spending Authority), Modul Manajemen Komitmen (Budget Commitment), Modul Pembayaran (Payment), Modul Penerimaan (Government Receipt), Modul Manajemen Kas (Cash Management), dan Modul Akuntansi dan Pelaporan (General Ledger & Accounting).

Untuk mendukung aktifitas pengelolaan keuangan di Satker, Ditjen Perbendaharaan mengeluarkan aplikasi yaitu Aplikasi OM SPAN. Kamis, (06/09) Kasi Pelayanan desa Pegiringan Slamet Riyadi mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi OM SPAN Bersama perwakilan desa-desa se kecamatan Bantarbolang. Pelatihan dilaksanakan dipendopo balaidesa Sumurkidang dengan fasilitator dari pendamping OM SPAN. Pembangunan SPAN mempunyai satu tujuan, yaitu menuju Indonesia yang lebih baik. Program reformasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat, antara lain:

  • tersedianya sistem pengendalian alokasi dan pelaksanaan anggaran yang efektif.
  • tersedianya sistem pengelolaan kas yang terpercaya.
  • tersedianya sistem pelaporan manajerial tentang operasi keuangan pemerintah yang komprehensif, dapat diandalkan, dan real time.
  • terwujudnya tahapan transisi penerapan sistem akuntansi dari berbasis kas ke berbasis aktual.
  • terlaksananya pelayanan kepada publik yang lebih efisien.

SPAN menjadi komponen terbesar modernisasi pengelolaan perbendaharaan negara dengan memfasilitasi kebutuhan proses pelayanan mulai dari sisi hulu (penganggaran) hingga hilir (penyusunan laporan keuangan pemerintah pusat). *(admin)

Komentar

Komentar

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Read previous post:
POLITIK MEMBANGUN, BUKAN MEMBANGUN POLITIK

Menjelang masa cuti kepala desa, menjelang Pilkades serentak Kabupaten Pemalang Kepala Desa Pegiringan tetap melaksanakan tugas sebagaimana seperti biasa. Selasa,...

Pembangunan Jalan Tembus Pegiringan-Sambeng Hasil Musrenbangcam Tahun 2017

Pada dasarnya belum ada desa yang dapat berdiri sendiri dalam memenuhi semua kebutuhan. Betapapun besarnya dana/pendapatan asli desa yang tersedia...

Pancuran Air Sumur Besi Sumber Mata Air Alami

Secara geografis desa Pegiringan tergolong desa yang cukup strategis. Jalan akses utama mudah dijangkau, karena ditunjang akses utama Pemalang - Purwokerto. Roda perekonomian...

Close