Pelatihan SisKeuDes Bagi Sekdes dan Bendahara Desa Se Kecamatan Bantarbolang

Media Informasi Warga

Pelatihan SisKeuDes Bagi Sekdes dan Bendahara Desa Se Kecamatan Bantarbolang

30 Maret 2018 Berita 0

Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SisKeuDes) adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPKP). Aplikasi ini diperuntukkan bagi kebutuhan pengelolaan keuangan Desa. Dasar pengembangan aplikasi SisKeuDes adalah :

  1. UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.
  2. PP Nomor 43 Tahun 2014 juncto PP Nomor 47 Tahun 2015 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.
  3. PP Nomor 60 Tahun 2014 juncto PP Nomor 22 Tahun 2015 tentang Dana Desa yang Bersumber dari APBN.
  4. Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.
  5. Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.
  6. PMK Nomor 247 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pengalokasian, Penyaluran, Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Desa.

Kendati aplikasi Siskeudes sudah diberlakukan lama, namun masih banyak desa yang belum menggunakan aplikasi ini, bahkan belum tahu bagaimana cara menggunakan aplikasi Siskeudes. Untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah Kecamatan Bantarbolang melaksanakan bintekĀ  pengoperasian Siskuedes bagi sekretaris dan bendahara desa. Pelatihan SisKeuDes dilaksanakan selama dua hari Rabu hingga Kamis (28-29/03/2018) bertempat di hotel Guciku obyek wisata Guci Tegal. Pelatihan diikuti oleh sekretaris dan bendahara desa se Kecamatan Bantarbolang.

Saat membuka acara, Camat Bantarbolang, Abdul Rachman, M.Si. menghimbau peserta untuk mengikuti pelatihan dengan baik dari awal sampai dengan selesai sesuai jadwal yang telah ditentukan, dan jangan sungkan-sungkan selalu bertanya kepada tutor, apabila ada hal yang kurang jelas. Selanjutnya Abdul Rachman, M.Si mengharapkan selepas pelatihan agar setiap desa segera mengaplikasikan Siskuedes untuk pengelolaan keuangan didesa masing-masing.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari tersebut dipandu oleh tim satuan tugas dari Dispermasdes Kabupaten Pemalang. Riyanto, tim dari Dispermades Pemalang saat memberikan materi menjelaskan bahwa Aplikasi Siskeuades ini sangat simpel dan mudah dioperasikan. Apabila isian data sudah lengkap maka Bendahara desa akan lebih mudah dalam membuat laporan keuangan. Pada hari pertama peserta dilatih bagaimana cara entri data Perencanaan Desa, Visi, misi serta RPJMDes dan serta pengentrian data Penganggaran meliputi : Pendapatan, Belanja dan Pembiayaan. Materi pelatihan hari kedua lebih fokus pada Penatausahaan dan Pembukuan serta pelaporan dalam Siskuedes.

Semoga dengan pelatihan Siskeudes ini, harapan kita semua pemerintah desa bisa menerapkan prinsip akuntabilitas dalam tata pemerintahannya, dimana semua kegiatan penyelenggaraan pemerintahan desa dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat desa sesuai dengan ketentuan dan aturan yang disyaratkan oleh pemerintah. (AdminDesa)