Pelatihan Sistem Informasi Desa bagi Aparatur Kabupaten dan Desa Pilot Projek Provinsi Jawa Tengah

Pelatihan Sistem Informasi Desa bagi Aparatur Kabupaten dan Desa Pilot Projek Provinsi Jawa Tengah

2 Juli 2018 Berita 0

Kepala Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah, Bpk. Sudaryanto, Msi. Senin (02/07) secara resmi membuka Pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) yang digelar oleh Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah bekerjasama Diskominfo Provinsi Jawa Tengah.  Acara yang diselenggarakan 2 hingga 4  Juli 2018 di Hotel  Neo Candi Semarang tersebut di ikuti oleh utusan masing-masing desa yang terdiri atas perangkat/operator dari Desa yang  menjadi Pilot Project atau percontohan “pengembangan Sistem Informasi Desa” (SID) se Jawa Tengah.

Adapun Desa yang menjadi pilot projeck di wilayah Kabupaten Pemalang adalah desa Pegiringan, Jojogan, Penggarit dan desa Kuta Bantarbolang. Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pengetahuan, penguatan dan pelatihan tentang Fungsi dan pemanfaatan Sistem informasi desa agar mudah di akses oleh masyarakat. Wakil dari desa Pegiringan yang mengikuti pelatihan tersebut, yakni Kasi Pelayanan, Slamet Riyadi.

Kepala Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah, Bpk. Sudaryanto, Msi. Saat membuka pelatihan menyampaikan seiring perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat, pemerintah dan masyarakat desa diharapkan mampu merespon dan memanfaatkan peluang tersebut guna mendukung pelaksanaan pembangunan di desa masing-masing. Berbagai kemudahan akan didapatkan oleh warga masyarakat dan tentunya bagi pemangku kebijakan yang lebih tinggi untuk mengakses informasi mengenai kegiatan penyelenggaraan pemerintah desa secara daring.

Pemateri dalam pelatihan tersebut antara lain dari panel Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah, Diskominfo Jawa Tengah, Staf Khusus Gubernur Jawa Tengah serta dari RTIK Jawa Tengah. Salah satu pemateri dari Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah Joko Mulyono, S.STP, M.Si dalam paparannya menyampaikan,” bahwa kedudukan SID merupakan sistem informasi yang diterapkan ditingkat desa, dikembangkan oleh Pemerintah Daerah dan terintegrasi melalui sistem informasi yang ada di tingkat kabupaten dan Propinsi serta menjadi sistem pendukung yang mudah dan akurat untuk pengelolaan sumber daya desa secara berkelanjutan,”.  Di Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah memiliki Seksi Pengembangan Sistem Informasi Desa yang mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan, koordinasi dan pelaksanaan kebijakan, evaluasi dan pelaporan di bidang pengembangan sistem informasi desa.

Selain materi seputar kebijakan SID di Provinsi Jawa Tengah serta kesiapan jaringan informasi dan daya dukungnya, dalam pelatihan tersebut juga akan dilaksanakan sesi praktik langsung tentang pemanfaatan SID di Kabupaten dan desa yang dalam hal ini langsung difasilitasi oleh RTIK Jawa Tengah, yaitu mbah Ernis, Andri Johandri, serta Sumitro Aji Wibowo. *(adm)

Komentar

Komentar

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Read previous post:
Penghitungan Tingkat TPS Desa Pegiringan, Ganjar-Yasin Ungguli Pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, yang berlangsung Rabu, 27 Juni 2018 di Desa Pegiringan, secara umum berjalan lancar...

Beda Pilihan Itu Biasa, Tetap Kompak Dan Rukun Itu Yang Luar Biasa

Rabu, 27 Juni 2018 Hajat besar pemilihan kepala daerah (pilkada) secara serentak baik gubernur, bupati, maupun walikota akan digelar di...

Aja Kelalen ! Ngesuk Rebo Pon 27 Juni 2018 Boyong Keluarga ke TPS dan Mencoblos

PPS Desa Pegiringan bersama dengan Peemerintah Desa Pegiringan meminta masyarakat desa Pegiringan yang mempunyai hak pilih agar datang ke TPS...

Close