Pelatihan UKM PKK Desa

Kondisi ekonomi di jaman sekarang memang cukup sulit,  khususnya dalam bidang usaha kecil dan menengah. Keadaan tersebut berpengaruh pada segi kehidupan ekonomi masyarakat, sehingga masyarakat esulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga mengakibatkan rendahnya kehidupan ekonomi masyarakat

Mengingat pentingnya perubahan ekonomi masyarakat di jaman sekarang ini, maka masyarakat di tuntut agar lebih semangat dan berusaha lagi untuk mencapai suatu pekerjaan dan mengalami perubahan yang lebih baik demi memenuhi kehidupan sendiri, keluarga, maupun untuk membantu orang lain yang mengalami kesusahan. Bukan hanya faktor tersebut saja melainkan juga masyarakat sekarang ini harus lebih kreatif lagi dalam memanfaat potensi yang ada.

peatihan-2Untuk mengatasi kondisi tersebut, PKK Desa Pegiringan melakukan terobosan dengan melakukan pelatihan-pelatihan bagi ibu-ibu usia produktif, dalam bidang usaha kecil dan menengah, seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh PKK Desa Pegiringan adalah pelatihan pembuatan keripik pisang original. Kenapa dipilih pisang ini karena Pegiringan merupakan daerah yang agraris, masih banyak pekarangan, dimana lahan tersebut tersebut banyak ditanami pohon pisang.

Pisang bukanlah kebutuhan pokok di Pegiringan sehingga, ketika panen mereka kebingungan akan menjual pisang ini kemana, belum lagi harga pisang yang tidak begitu baik di pasaran. Melihat keadaan tersebut Ketua Pembina PKK Desa Ibu Karisah (bu Kades) merasa prihatin dengan kondisi seperti itu, sekalipun bukan makanan pokok mengingat hampir setiap rumah memiliki lahan pekarangan yang ditanami pisang ini bisa menjadi solusi dalam meningkatkan ekonomi, kalau dikelola dan diolah dengan  baik.

Kegiatan pelatihan di khususkan bagi ibu-ibu rumah tangga agar dapat dapat membantu kesulitan – kesulitan ekonomi keluarga. Dengan pelatihan keripik pisang diharapkan petani/ibu rumah tangga yang menanam pohon pisang tidak akan lagi kebingungan untuk menjual hasil panennya dan dengan pelaihan membuat keripik pisang ini juga dapat menarik tenaga kerja sehingga angka pengangguran dapat berkurang.

Untuk membuat konsumen lebih leluasa menikmati keripik pisang  yang bervariasi, Kami latih pembuatan keripik pisang  rasa Original Khas Pegiringan, selain itu juga kami latih bagaimana cara membuat produk keripik pisang dengan berbagai rasa, seperti rasa original, stroberi, nanas, durian, mocca, dan keju. Selain memiliki rasa yang variatif.

Menurut Ketua Pembina PKK Desa diharapkan dengan pelatihan ini, kedepannya para ibu-ibu bisa lebih kreatif memanfaat peluang usaha dengan modal sedikit dan memanfaatkan bahan lokal namun bisa bernilai ekonomis tinggi, sehingga ibu-ibu bisa membantu meningkatkan perekonomian keluarga. Nantinya apabila usaha kecil dan menengah ini berjalan baik, tetap akan kita fasilitasi dengan penyertaan modal usaha khusus bagi usaha kecil dan menengah di Pegiringan. (Al Hidayah)

 

Author: AdminDesa
Pegiringan adalah desa di kecamatan Bantarbolang, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Pegiringan salah satu desa di kecamatan Bantarbolang yang mempunyai bahasa yang khas di banding daerah lain di Pemalang, yaitu pengucapan vokal akhir (a) dibaca dengan (e) seperti pada kata belah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *