Pemanfaatan Google Street View Untuk Menunjang Pembangunan

Perubahan peradaban menuju masyarakat berpengetahuan menuntut pemerintah desa untuk menguasai keterampilan, yaitu mampu memahami dan memanfaatkan teknologi terkini, seperti internet, teknologi informasi dan komunikasi lainnya. Secara umum pemanfaatan teknologi di pemerintahan desa sangat menunjang penyelenggaraan pemerintahan di desa guna meningkatkan layanan masyarakat.

Pegiringan sebagai salah satu desa yang sedang mengembangkan desa berbasis online, mulai bergerak memenuhi fasilitas penunjang, seperti fasilitas jaringan, komputer sampai dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya bagi perangkat desa, yaitu dengan mengirimkan perangkat desa ke lembaga kursus, untuk dilatih pegiringan desa online benar-benar terwujud dan dapat betul-betul dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Internet adalah bagian dari teknologi masa kini, yang sudah menjadi kebutuhan. Google Street View adalah layanan pemetaan jalan milik Google dimana kita bisa menjelajahi wilayah di desa dalam view 360 derajat. Pemanfaatan Google Street View sangat membantu dalam pemetaan wilayah, khususnya dalam pemetaan pembangunan infrastruktur desa.

Dengan Google Street View kita bisa melihat jalan-jalan desa, gang-gang yang rusak, serta kondisi perumahan diseluruh wilayah Desa. Semua bisa dilihat oleh semua warga.
Sisi lain pemanfaatan Google Street View adalah pemerintah desa bisa menyajikan hasil pembangunan berupa visual gambar yang telah diupdate, sehingga masyarakat dapat melihat bagaimana keadaan desa sebelum dan sesudah adanya pembangunan. Kalau kita lihat, begitu indahnya desa dengan segala sisi kelebihan dan kekurangannya, semua bisa dilihat dengan pemanfaatan teknologi. Salam membangun. (Ma’muri)

map-4 map-2

Author: AdminDesa
Pegiringan adalah desa di kecamatan Bantarbolang, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Pegiringan salah satu desa di kecamatan Bantarbolang yang mempunyai bahasa yang khas di banding daerah lain di Pemalang, yaitu pengucapan vokal akhir (a) dibaca dengan (e) seperti pada kata belah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *