Pemerintah Desa Pegiringan Bersama BPN Bagikan 300 Sertifikat Hasil Prona

Media Informasi Warga

Pemerintah Desa Pegiringan Bersama BPN Bagikan 300 Sertifikat Hasil Prona

14 Maret 2018 Berita 0

Program Pendaftaran sertifikat program Proyek Operasi Nasional Agraria  (Prona) di wilayah Kabupaten Pemalang yang sudah berjalan beberapa tahun mulai dirasakan manfaatnya oleh warga desa. Hal itu dirasakan oleh Desa Pegiringan Kecamatan Bantarbolang yang mendapatkan kuota sebanyak 300 bidang untuk Prona tahun 2017. Terkait program tersebut, masyarakat Desa Pegiringan sangat terbantu dalam kepengurusannya. Selain biayanya yang sangat terjangkau, juga kecepatan prosesnya sangat memudahkan masyarakat selaku pemohon sertifikat.

Rabu (14/3/18), Penyerahan sertifikat kepada masyarakat desa Pegiringan dilakukan  Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pemalang. Selain dari pihak BPN Pemalang, penyerahan sertifikat prona tersebut juga didampingi oleh Kepala desa Pegiringan, BPD dan polsek Bantarbolang.

Sairoh, warga RT. 07 RW. 02 yang mendapatkan sertifikat, mengaku sangat terbantu dengan adanya program Prona tersebut. “Saya sangat terbantu dengan program seperti ini. Selain murah juga prosesnya cepat. Saya bersama warga yang lain berharap kedepannya ada program yang sama seperti ini agar masyarakat lebih mudah mendapatkan sertifikat atas hak tanahnya,” tuturnya.

Kades Pegiringan, Duhari Daya, ketika memberikan sambutan menjelaskan bahwa keberhasilan program ini tidak lepas dari bantuan BPD serta lembaga desa lainya serta masyarakat. Sertifikat yang dibagikan sebanyak 300 bidang. Tujuan program kepemilikan sertifikat prona ini agar bisa meningkatkan perekononian warga desa. “Sekarang warga bisa memiliki sertifikat hak milik,” jelasnya.Sementara desa sendiri adalah sebagai pembaharuan penataan administrasi pertanahan di desa.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua BPD Desa Pegiringan, Asrori, “Keberhasilan pembangunan desa tidak terlepas dari sinergitas yang baik antara BPD dan Pemerintah Desa. Harmonisasi anatara pemerintah desa da BPD harus terjaga, tidak patut bila pemerintah desa dan BPD tidak harmonis. Asrori mengibaratkan keluarga akan harmonis bila kedua pasangan suami istri akur rukun, untuk itu mari kita ucapkan terima kasih kepada pemerintah baik pusat maupun daerah dan pemerintah desa yang telah memberikan program prona yang sangat membantu masyarakat,” Mari Lanjutkan ! program-program pembangunan lainnya bersama, pungkas Asrori. Pembagian sertifikat berjalan dengan tertib, aman dan lancar. (Slamet Riyadi_Kasi Pelayanan)