Pokoke Saben Jum’at Ora Kades Ora Sapa Wajib Kaosan Bersih-Bersih Desa

Jum’at Bersih merupakan kegiatan rutin di Lingkungan Pemerintahan Desa Pegiringan, yang dilaksanakan oleh seluruh pegawai dari mulai Kepala Desa, Kepala Dusun, Sekretaris Desa dan staff perangkat Desa, dimana setiap hari Jum’at semua pegawai wajib memakai kaos olah raga karena selain melayani masyarakat Pemerintah desa juga melaksanakan program Jum’at bersih bersama masyarakat.

64466590-cd41-4ccf-9f85-aa22ec66f099Kegiatan Jumat Bersih merupakan rangsangan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan rasa memiliki di kalangan Khususnya Perangkat dan umumnya masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan,  sehingga suasana di kantor desa atau tempat kerja dan lingkungan akan terasa nyaman dan kantor desa dapat terpelihara dengan baik, serta terpeliharanya lingkungan yang bersih dan sehat. Selain itu menurut Kepala Desa Pegiringan kegiatan ini sebagai tanggungjawab kita sebagai aparat pemerintah desa, sudah menjadi kewajiban memberikan contoh melakukan hal yang positif terutama dalam hal kebersihan lingkungan yang kita terapkan setiap hari jumat. Karena bagaimanapun juga, apa yang kita lakukan tentu rakyat akan lihat, dan ini bisa menjadi motivasi masyarakat untuk ikut meniru, dalam bahasa khas Pegiringan beliau mengatakan pokoke setiap dine Jum’at ora kades ora sapa wajib kaosan nggawa alat nyemplung bersih-bersih, dadi masyarakate semangat.

Kegiatan ini merupakan kegiatan  lintas sektoral berbagai unsur di desa Pegiringan yang dipandu oleh Pemerintah Desa Pegiringan. Jum’at bersih pada hari ini, 13 Januari 2017 dimulai dengan membersihkan lingkungan halaman kantor ataupun ruangan-ruangan kantor balaidesa dan dilanjutkan dengan kebersihan jalan-jalan di sekitarnya. Kali ini yang menjadi lokasi Jum’at bersih bersama masyarakat adalah jalan utama sebelah utara Balaidesa, dengan membersihkan selokan dari sampah dan memangkas pohon-pohon yang merusak keindahan. Kegiatan ini akan terus digalakkan sebagai sarana untuk berinteraksi langsung antara pemerintah desa dengan warga dan unsur lainnya. Kegiatan ini juga merupakan wujud pelestarian budaya leluhur, dimana desa dengan ciri khasnya kerja bhakti dan gotong royong, dengan kerja bhakti dan gotong royong sambung rasa akan terjalin, kerukunan akan terjaga, lingkungan bersih dan sehat akan tercipta. (AdminDesa)

Author: AdminDesa
Pegiringan adalah desa di kecamatan Bantarbolang, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Pegiringan salah satu desa di kecamatan Bantarbolang yang mempunyai bahasa yang khas di banding daerah lain di Pemalang, yaitu pengucapan vokal akhir (a) dibaca dengan (e) seperti pada kata belah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *