POLITIK MEMBANGUN, BUKAN MEMBANGUN POLITIK

Menjelang masa cuti kepala desa, menjelang Pilkades serentak Kabupaten Pemalang Kepala Desa Pegiringan tetap melaksanakan tugas sebagaimana seperti biasa. Selasa, 04/09/2018 Kepala desa Pegiringan, Duhari Daya melakukan monitoring kelokasi kegiatan Rabat Beton diwilayah Dusun 5 Desa Pegiringan. Kegiatan tersebut tidak ada kaitannya dengan hajat politik Desa yang sebentar lagi akan digelar, yaitu Pilkades pada 16 September 2018 mendatang.

Kepala Desa pegiringan menyampaikan “Kewajiban Pemerintah Desa dalam membangun adalah amanat UU Desa No 6 tahun 2014. semua sudah diatur juklak juknisnya, dari Peraturan Pemerintah, Permendagri, Permendes, bahkan Perda dan Perbup mengatur semua kegiatan Dana Desa yang bersumber dari APBN” “Saya paham bulan ini pesta demokrasi desa digelar, untuk itu agar memberikan suasana ini alam demokrasi bukan saja berpolitik karena politik dianggap macam-macamlah. Bagaimana rakyat diperdayakan memilih dan menentukan pilihannya,” ujar Duhari Daya.

Menurut Duhari Daya pembangunan tidak boleh terhambat gara-gara pelaksanaan pilkades. “Walaupun bulan ini Pilkades dilaksanakan, pembangunan  harus tetap jalan. Jangan sampai mengutamakan Pilkades tapi pembangunan terhambat. Justru di situ letaknya, pilkades jalan pembangunanpun harus jalan terus, sehingga masyarakat  yang ingin jadi pemimpin nantinya dinilai masyarakat dari prestasi, bukan karena hal lain,” kata DD. “Saya harap pengertian dari seluruh warga masyarakat. Kerjasama ini membuahkan pembangunan yang baik. Itulah yang kami ingin capai,” imbuhnya.

Kepala Desa yang mempunyai ciri khas fisik kurus tinggi ini, dikenal  mempunyai talenta, khususnya dalam bidang IT. Duhari Daya berhasil membangun secara bersamaan bidang infrastruktur hingga non fisik yaitu membangun sistem informasi desa  berbasis gadget (IT). Kepala Desa yang selalu asyik dengan Gadget ini menjelaskan “Untuk Menjadi Kepala Desa itu harus punya Visi Misi yang jelas dan terarah, untuk diimplementasikan kepada masyarakat, pemimpin harus mampu merealisasikan hal tersebut secara baik dan benar, serta melihat perkembangan jaman. Salah satunya pemanfaatan IT sebagai salah satu sarana untuk membangun desa. Keberhasilan kami bukan keberhasilan individu. Keberhasilan desa Pegiringan adalah keberhasilan membangun managemen dan tata kelola pemerintahan yang baik, akuntabel dan transparan ditunjang dengan kemampuan berinovasi, khususya dengan system teknologi informasi. *(admin)

Author: AdminDesa
Pegiringan adalah desa di kecamatan Bantarbolang, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Pegiringan salah satu desa di kecamatan Bantarbolang yang mempunyai bahasa yang khas di banding daerah lain di Pemalang, yaitu pengucapan vokal akhir (a) dibaca dengan (e) seperti pada kata belah.