Pramuka Siaga SD/MI Pegiringan Raih Prestasi Di Pesta Siaga Tingkat Kecamatan

Media Informasi Warga

Pramuka Siaga SD/MI Pegiringan Raih Prestasi Di Pesta Siaga Tingkat Kecamatan

24 Februari 2018 Berita 0

Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani dan rohani serta menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada NKRI serta menjadi masyarakat yang baik dan berguna, yang dapatmembangun Dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan

Untuk mencapai tujuan gerakan pramuka tersebut maka perlu adanya usaha dan kegiatan untuk membangkitkan, mengatur, mendorong, mengarahkan, dan mengendalikan keinginan, semangat dan daya kemampuan anak-didik pramuka. Semangat dan daya kemampuan anak didik perlu ditanamkan, dipupuk dan dikembangkan. Salah satu usaha dan kegiatan tersebut adalah penyelenggaraan pesta siaga, sebagai suatu pertemuan pramuka, khusus untuk golongan siaga yang berjenjang dari tingkat Gugusdepan, Kwartir Ranting, Kwartir Cabang dan Binwill.

Pramuka Kwartir Ranting Bantarbolang Kabupaten Pemalang, Sabtu 24 Februari 2018 menggelar pesta siaga di Lapangan SMA Negeri Bantarbolang. Salah satu tujuan kegiatan Pesta Siaga yang bertema “Gembira, Kreatif dan Bersahabat” Tahun 2018 adalah sebagai wahana pertemuan para pramuka siaga, yang berisi acara kegiatan bersama antara perindukan siaga, mulai tingkat gugus depan, Kwartir Ranting dan Kwartir Cabang.

Acara dibuka langsung oleh Camat Bantarbolang, Abdul Rachman, S. IP. Materi Pesta Siaga ini, mengacu pada materi yang akan dilombakan di tingkat Kwartir Cabang dan tingkat Binwil, Pesta Siaga Kwarran Bantarbolang diikuti oleh 1.140 peserta dari 57 pangkalan SD/MI se Kecamatan Bantarbolang. Dalam kegiatan tahunan tersebut, Prestasi SD/MI di wilayah desa Pegiringan, sangat membanggakan. Dari 5 SD 1 MI yang mengikuti, SD Negeri 01 Pegiringan berhasil meraih juara 3 Putra, SDN 03 Pegiringan Putra dan putri masing-masing meraih juara 1 dan 2, sementara MI Nurul Ulum Pegiringan juga meraih juara harapan.  Prestasi ini tentunya sangat membanggakan sekolah dan juga desa Pegiringan. Semoga prestasi ini akan terus berlanjut pada jenjang berikutnya. (AdminDesa)