Puspindes Raih Penghargaan Champions WSIS Prizes PBB 2018

Media Informasi Warga

Puspindes Raih Penghargaan Champions WSIS Prizes PBB 2018

17 Maret 2018 Berita Opini 0

Dirilis pada siaran Pers No.76/HM/KOMINFO/03/2018 Tanggal 16 Maret 2018 Tentang Penghargaan Champion PBB. Indonesia berhasil merebut 12 posisi Champion (2nd Best) pada kompetisi global yang diselenggarakan oleh PBB, the World Summit on the Information Society (WSIS) Prizes 2018. Forum WSIS adalah konferensi tingkat tinggi dunia komunitas teknologi komunikasi dan informasi. Forum ini merupakan pertemuan tahunan terbesar multipihak global yang memfasilitasi implementasi pengendalian perkembangan komunikasi dan informasi untuk pembangunan berkelanjutan. Kompetisi tersebut diikuti oleh berbagai inisiatif karya dari manca negara dengan total 685 pengajuan.

Salah satu dari ke-12 inisiatif karya dari Indonesia yang berhasil merebut penghargaan Champion pada WSIS Prizes 2018 tersebut adalah Pusat Pemberdayaan Informatika dan Pedesaaan, Pemalang (puspindes.id). Puspindes masuk pada kategori #3: “Access to information and Knowledge”. Karya Indonesia sebagai Champion adalah Pusat Pemberdayaan Informatika dan Desa (PUSPINDES) Kabupaten Pemalang adalah sebuah program unggulan yang dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang bekerjasama dengan Relawan TIK Indonesia Kabupaten Pemalang yang berada di bawah pengawasan dan tanggung jawab DINPERMASDES (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa) Kabupaten Pemalang. Prestasi membanggakan yang diraih ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat mulai proses vote, dimana pada tahapan vote ini merupakan bagian penting dalam proses penentuan program Puspindes menjadi salah satu champion di kategori 3 pada penghargaan WSIS Prize 2018.

Bupati Pemalang Junaedi,SH.MM bersama dengan delegasi dari Kabupaten Pemalang, telah bertolak ke Jenewa Swiss untuk menghadiri WSIS Forum tahun 2018. Pada WSIS Forum 2018 di Jenewa, 19-23 Maret 2018 mendatang, akan diumumkan inisiatif yang berhak mendapatkan posisi Winner (Juara Pertama) dari setiap 18 kategori yang ada. Kita do’akan bersama semoga Pemalang melalui Puspindes bisa mendapatkan Winner pada WSIS forum 2018 dan semoga dengan capaian ini akan menjadi semangat membangun desa bersama. Kami “Puspindes” hanya berusaha melalui proses yang rutin dan berkelanjutan, menjadi pintar dan cerdas itu hanya Tuhan yang mampu menetapkan. (AdminDesa)